Sabar Dalam Penantian Panjang

Posted: November 25, 2012 in Pemikiran
Tags: , , ,

Waktu terus berlalu seiring bergantinya siang dan malam. Detik berganti menit. Menit berganti jam. Jam berganti hari. Hari berganti minggu. Minggu berganti bulan. Bulan berganti tahun. Tak terasa perjalanan waktu yang demikian panjang telah terlewati. Drama realita ini dengan berbagai adegan suka maupun duka telah menjadi bagian dari proses dinamika kehidupan. Hidup tak selamanya sedih, sebagaimana hidup tak selamanya tersenyum. Selalu ada kebahagiaan setelah datangnya cobaan, sebagaimana selalu ada tangisan diakhir canda tawa. Setiap saat kita selalu dihadapkan pada jalan cerita kehidupan yang selalu berbeda-beda. Adakala hidup itu dihiasi kebahagiaan, adakalanya pula hidup itu diwarnai dengan kesedihan. Hidup memang tak ubahnya drama realita yang jalan ceritanya senantiasa mengikuti skenario Tuhan. Dia telah memilih kita untuk memerankan tiap episode kehidupan di atas panggung dunia ini dengan alur dan akhir cerita yang tak pernah bisa diprediksi.

Hikmah dalam tiap penggalan kisah adalah bagian dari proses metamorphosis kita menuju kesempurnaan hidup. Berbagai deraan hidup seharusnya menjadikan manusia kian tegar menghadapi cobaan. Kita dapat merasakan manis karena kita pernah merasakan hal yang pahit. Kita dapat merasakan nikmatnya sehat karena kita pernah merasakan sakit. Hidup akan mencapai batas kesempurnaan ketika kita mampu memaknai sekaligus menikmati perihnya kehidupan yang telah kita jalani. Tatkala air mata tak lagi mengalir disaat duka menerpa, maka kita adalah pedang tajam yang mampu mengiris setiap kesedihan. Seorang panglima tempur akan bangga dengan keberadaan pedang tajam disisinya. Tak hanya dibanggakan, tapi ia juga diperlakukan istimewa dan ditempatkan pada kedudukan yang mulia. Tentu besi itu dulunya merasakan tempaan godam baja ratusan atau bahkan ribuan kali dalam api yang panas membara, hingga akhirnya besi itu menjelma menjadi sebilah pedang tajam yang disegani lawan dalam tiap laga peperangan.

(Klik untuk info kain tenun tapis Lampung terlengkap)

Itulah sosok manusia sabar, ia disegani kawan maupun lawan. Sosok manusia sabar selalu menghadapi cobaan hidup dengan penuh senyuman, syukur, dan keridhoan. Tuhan pun bangga padanya, karena ia ridho dengan skenario Tuhannya. Kelak, diakhir cerita, biasanya sosok manusia sabar akan diperlakukan mulia oleh Tuhan di alam keabadian. Disana Tuhan memerintahkan dara-dara ayu jelita nan penuh pesona untuk melayaninya. Puncak kenikmatan ia rasakan tatkala matanya terpana menatap wajah Tuhannya. Syukur seperti apalagi yang mesti ia ungkapkan atas segala nikmat yang telah ia rasakan. Kesabaran memang sebuah penggalan cerita yang berisikan kisah penuh derita. Namun dibalik derita itu, sesungguhnya ada kebahagiaan yang sedang menanti kehadiran kita setiap saat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s