full benang emas 2Indonesia sangat kaya dengan hasil kebudayaannya. Beragam jenis kebudayaan, baik berupa ritual adat, hingga hasil kerajinan etnik, begitu mudah kita jumpai jika kita berkunjung ke daerah-daerah di nusantara.

Salah satu kekayaan hasil budaya nenek moyang Indonesia adalah kain tapis. Kain tenun khas masyarakat asli Lampung ini, ternyata namanya telah mendunia. Bahan kain tapis sendiri dibuat dari tenun benang kapas, kemudian dihias dengan motif benang emas atau perak. Motif tapis juga cukup beragam, diambil dari kekayaan alam seperti tumbuhan dan hewan. Motif Arab, seperti ayat-ayat Al-Qur’an juga mulai memperkaya motif tapis seiring berkembangnya agama Islam di Lampung.

Dalam upacara-upacara adat, kain tapis sering digunakan sebagai identitas pemangku adat. Setiap pemangku adat memiliki motif atau corak tapis tersendiri. Maka tidak heran jika motif kain tapis begitu beragam.

(Klik untuk info kain tenun tapis Lampung terlengkap)

Namun dengan berjalannya waktu, penggunaan kain tapis bukan lagi monopoli keluarga pemangku adat, namun sudah digunakan masyarakat umum.

Kain tapis memiliki beragam jenis, diantaranya:

– Tapis pepadun, tapis peminggir, tapis liwa, tapis abung, dan lain-lain.

– Setiap jenis kain tapis tersebut memiliki motif yang berbeda-beda. Misalnya, kalau kain tapis yang berasal dari daerah pesisir, seperti tapis liwa memiliki motif yang cenderung lebih luwes dengan menonjolkan motif flora.

– Sedangkan kain tapis pepadun dan tapis abung memiliki motif yang lebih primitif dan cenderung lebih kaku.

Terdapat kemiripan kain tradisional antara satu daerah dengan daerah lain di Sumatera. Perbedaannya dapat dilihat dari tekstur kain. Tekstur terhalus dapat terlihat pada kain ulos. Kain songket sedikit lebih kasar. Kemudian tekstur terkasar adalah kain tapis.

Jika Anda berminat membeli, mengoleksi, atau menjadi reseller tapis, dapat menghubungi: 085741887228

Koleksi tapis kami, silahkan klik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s