Sejarawan Islam, Al-Hafizh Adz-Dzahabi

Posted: January 16, 2014 in Biografi
Tags: , , , , , , ,

Namanya adalah Muhammad bin Ahmad bin Utsman bin Qayimaz bin Asy-Syaikh Abdullah At-Turkimani Al-Fariqi, Ad-Dimasyqi Asy-Syafi’i, Syamsuddin Abu Abdillah Adz-Dzahabi.

Lahir pada bulan Rabiul Akhir tahun 673 Hijriah di desa Kafr Bathna.

Perjalanan Menuntut Ilmu

Adz-Dzahabi mulai menuntut ilmu saat berumur 18 tahun dan fokus pada kajian qira’at dan hadits. Ia mencurahkan seluruh hidupnya untuk mempelajari hadits, serta berguru pada banyak ulama. Bahkan beliau pun belajar pada orang yang tidak disukainya.

Adz-Dzahabi sebenarnya sangat menyukai perjalanan menuju ke daerah-daerah yang disana terdapat banyak ulama. Namun kedua orangtuanya seringkali tidak merestui keinginan Adz-Dzahabi untuk melakukan perjalanan menuntut ilmu ke negeri yang jauh. Hal ini disebabkan Adz-Dzahabi merupakan anak satu-satunya dari kedua orangtuanya. Mereka sangat mengkhawatirkannya. Oleh sebab itu Adz-Dzahabi sering terlambat dalam menuntut ilmu, karena ia seorang anak yang taat dan patuh pada wasiat dan nasehat kedua orangtuanya.

(Klik untuk info kain tenun tapis Lampung terlengkap)

Namun saat berumur 20 tahun, Adz-Dzahabi mulai diizinkan oleh kedua orangtuanya untuk melakukan perjalanan menuntut ilmu. Itupun dengan syarat tidak melebihi masa 4 bulan. Ia pun bepergian menemui banyak ulama yang berada di Damaskus, Suriah, Lebanon, Yordania, dan Palestina. Adz-Dzahabi singgah di Mesir pada 690 Hijriah, kemudian ke Mekah untuk menunaikan haji pada 698 Hijriah.

Guru-Gurunya

Sebagian besar data biografinya menunjukkan bahwa jumlah guru Adz-Dzahabi diperkirakan sebanyak seribu tiga ratus orang. Di antaranya adalah Ibnu Farah Al-Isybili, Abu Al-Abas Al-Hajjar, Abu Al-Fahdl bin Asakir, Ibrahim bin Daud.

Adapun teman-temannya antara lain: Abu Al-Hajjaj Al-Mizzi, Ibnu Taimiyah, Ilmuddin Al-Barzali, Taqiyuddin As-Subki, Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah.

Karya-Karyanya

Karya tulis Adz-Dzahabi sangatlah banyak, baik dalam kajian qira’at, hadits, akidah, ushul fikih, sejarah, maupun biografi. Karya-karyanya di antaranya: Mustadrak Al-Hakim, Al ‘Ulwu, Al-Kabair, Tadzkirah Al-Huffazh, Tarikh Al-Islam wa Wafayat Al-Masyahir wa Al-A’lam, Tarikh Al-Islam, As-Sirah An-Nabawiyah, A’lam An-Nubala.

Meninggalnya

Adz-Dzahabi meninggal pada 13 Dzulqa’dah 748 Hijriah di Damaskus dan dimakamkan di pekuburan Bab Ash-Shaghir. Sebelum meninggal, Adz-Dzahabi sempat sakit untuk beberapa lama.

 

Sumber:

Syaikh Ahmad Farid. 2006. 60 Biografi Ulama Salaf terjemah: Masturi Irham dan Asmu’i Taman. Pustaka Al-Kautsar: Jakarta.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s