Khasiat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Posted: February 14, 2014 in Kesehatan
Tags: , , , , , ,

Air kelapa sangat baik untuk menurunkan hipertensi, detoksifikasi, menyehatkan ginjal, dan mencegah mual.

Salah satu tumbuhan khas tropis adalah pohon kelapa. Hampir seluruh bagian dari pohon ini bermanfaat, baik sebagai bahan pangan, obat, atau bahan bangunan. Dari buah yang terdapat air di dalamnya, ternyata tidak hanya menghasilkan kesegaran saat diminum, tapi juga menyehatkan.

Banyak masyarakat meyakini, jenis kelapa hijau sangat baik untuk kesehatan, sebab mengandung tannin atau antidotum (anti racun) yang paling tinggi. Kandungan zat kimia lain yang menonjol yaitu berupa enzim yang mampu mengurai sifat racun.

Berikut ini khasiat kelapa, antara lain:

Air Kelapa Untuk Wanita Hamil

Air kelapa sangat membantu kaum wanita di masa awal kehamilan. Terutama yang mengalami morning sickness pada 12 minggu pertama masa kehamilan. Kondisi ini sangat mengganggu produktivitas wanita yang mengalaminya. Tak hanya itu, morning sickness juga menyebabkan kualitas kesehatan wanita yang bersangkutan menurun, sehingga membahayakan bayi yang dikandungnya. Biasanya pada kondisi ini, wanita mengalami muntah dan pusing.

(Klik untuk info kain tenun tapis Lampung terlengkap)

Selain efektif mengatasi mual dan muntah, air kelapa bagi wanita hamil juga memiliki manfaat untuk memacu imunitas tubuh. Sehingga mencegah ibu hamil dan janin dalam kandungan dari infeksi kuman berbahaya yang tidak diharapkan.

Menyehatkan Ginjal

Ginjal merupakan organ penting yang bertugas menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Tugas lainnya, menyekresikan sampah cair (urine) dari dalam tubuh. Sekresi ginjal yang tidak lancer menyebabkan batu ginjal, hiperurisemia, serta hipertensi. Penyakit berat lainnya yang perlu mendapat perhatian serius adalah radang ginjal.

Satu hal penting yang sering dilupakan adalah kebiasaan cukup minum. Banyak orang menderita penyakit ginjal, hanya disebabkan kurang minum. Air terbaik yang sesuai dengan kebutuhan tubuh adalah air putih. Air minum yang berasal dari air tanah yang memenuhi syarat merupakan air terbaik yang dapat diterima sel tubuh. Sementara, air yang mengandung kapur atau unsur mineral lainnya yang berada dalam kadar tinggi akan memperberat kerja ginjal. Hal inipun bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit ginjal.

Selain air putih, air kelapa dapat diserap oleh tubuh sehingga dapat menghindrasi tubuh dengan baik dan mencapai ginjal yang sempurna. Air kelapa juga sanggup melarutkan beragam sampah tubuh. Sampah tersebut, biasanya, jika tidak laurt akan mengendap di dalam ginjal, saluran yang berhubungan ginjal adan akhirnya menyebabkan sakit ginjal.

Air kelapa juga merupakan pelarut batu ginjal yang sangat baik, memiliki kemampuan mengikis batu ginjal baik yang terbentuk karena persenyawaan kalsium dan oksalat atau berupa batu asam urat.

Turunkan Hipertensi

Banyak faktor yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Namun pastinya, seorang penderita hipertensi memiliki tekanan darah di atas ambang batas normal. Jelas ini harus diwaspadai, pasalnya sejumlah dampak buruk dari tekanan darah tinggi, antara lain: serangan jantung, gagal jantung, stroke, dan bahaya lainnya.

Pasokan air yang memadai dari air kelapa akan mengaktifkan kembali fungsi ginjal, yang secara langsung ataupun tidak langsung berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Dengan cara inilah maka kelebihan sodium yang berpotensi memicu kenaikan tekanan darah dapat disekresikan melalui ginjal. Pada saat bersamaan, pasokan mineral dari air kelapa berguna untuk mengaktifkan kembali kinerja jantung dan pembuluh darah dalam melakukan sirkulasi darah segar, sehingga pengaturan tekanan darah kembali normal.

Air kelapa juga bisa bermanfaat pada penderita hipertensi yang juga mengalami penyakit asam urat. Terdapat kaitan antara kadar asam urat dengan kenaikan tekanan darah. Kenaikan asam urat memicu kenaikan tekanan darah.

Selain itu, air kelapa bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes, menghaluskan kulit, meningkatkan fungsi tiroid, mengobati kolera, bahkan juga bisa meningkatkan daya serapan obat.

Detoksifikasi

Termasuk detoksifikasi adalah dengan air kelapa. Proses detoksifikasi dengan cara ini sangat baik, terutama menghilangkan toksin yang ada dalam saluran pencernaan, ginjal, dan pernapasan. Dengan terapi air kelapa, organ tubuh seperti ginjal dan saluran cerna menjadi bersih, keasaman tubuh terkondisi dengan baik, sehingga mengurangi efek pusing dan mudah lelah.

Sumber:

Majalah Hidayatullah Edisi 09 Januari 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s