Pertanyaan

Saya seorang ibu yang sedang mengandung 4 bulan. Saya seorang vegetarian yang tidak makan daging dan ikan. Yang saya ingin tanyakan, adakah menu khusus ibu hamil yang vegetarian?

Jawaban

Penganut vegetarian murni akan berkencenderungan kekurangan zat besi karena sumber zat besi yang berkualitas adalah pangan hewani terutama daging, hati, atau telur.

Wanita hamil yang bukan vegetarian pun sangat rentan kekurangan zat besi, apalagi yang vegetarian. Itulah sebabnya, setiap wanita hamil dianjurkan minum suplemen zat besi atau folat untuk kesehatan janinnya. Kekurangan zat besi pada wanita hamil mungkin dapat mengakibatkan bayi lahir keci (< 2,5 kg). Anemia karena kurang zat besi menyebabkan hemoglobin darah rendah sehingga kemampuan darah mengikat oksigen juga rendah dan hal ini dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Oleh sebab itu, disaat hamil, mungkin sebaiknya seorang vegetarian melonggarkan pola makan vegetariannya, setidaknya mau mengkonsumsi susu dan telur.

Pengganti daging yang baik adalah ikan, terutama ikan laut. Apabila kita menganut vegetarian bukan karena alasan ajaran agama, maka hendaknya ketika dalam keadaan darurat (semisal hamil), kita kembali menerapkan pola makanan bergizi yang seimbang yang menekankan pentingnya aneka ragam makanan.

Sumber:

Jurnal Halal No. 89, Mei-Juni Th. XIV 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s