Hidangan kita sehari-hari, cenderung berupa makanan yang lezat dan berat serta banyak mengandung lemak, karbohidrat, dan gula. Perut jadi terasa penuh dan pembuangan sisa ampas makanan tersebut sering kurang lancar (jarang atau susah buang air besar). Jika hal tersebut sering terjadi dapat mengakibatkan penumpukan sisa ampas makanan di dalam sistem pencernaan yang dapat mengarah ke resiko terkena penyakit panas dalam, kolesterol, susah buang air besar dan sembelit, asam urat dan sebagainya.

Bila ditelusuri, keluhan-keluhan tersebut berasa dari kurangnya jumlah asupan serat makanan ke dalam tubuh kita. Sebenarnya, sumber terbaik dari serat alami antara lain adalah buah-buahan dan sayuran. Agar-agar dapat menjadi salah satu alternatif membantu kekurangan serat makanan. Sudah diketahui secara luas bahwa rumput laut, terutama sari rumput laut, agar-agar mengandung banyak serat makanan disamping kandungan mineral lainnya seperti kalsium, yodium, dan rendah kalori.

Agar-agar yang merupakan sari rumput laut merah, menyenangkan saat membuatnya, mudah dipadupadankan dalam berbagai jenis menu makanan ataupun minuman. Menjelang saat berpuasa dan berbuka puasa, agar-agar sangat cocok digunakan untuk paduan berbagai hidangan manis dan segar. Selama berpuasa, biasanya para penderita maag sering mengalami keluhan sakit sehingga mengganggu puasa. Konsumsi minuman agar-agar hangat setelah sahur dan sebelum berbuka dapat membantu menyamankan lambung selama berpuasa bagi para penderita maag secara alami tanpa harus mengkonsumsi obat maag secara berlebihan yang tentu saja memiliki resiko bagi kesehatan.

Agar-agar yang dikonsumsi dalam bentuk minuman hangat membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan sebagai akibat dari proses enzimitas. Agar-agar yang disajikan dalam minuman panas dan diminum selagi hangat sebagai minuman dengan serat makanan yang rendah kalori, membantu mencegah penyakit secara alami.

Sumber:

Jurnal Halal No. 94, Maret-April Th. XV 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s