Kegiatan yang tak kalah penting bagi pengembangan kreativitas anak adalah pengenalan pada alam dan lingkungan sekitar. Misalnya dengan cara mengajak mereka berkebun. Kegiatan berkebun bisa dilakukan selama liburan sekolah atau pada hari-hari biasa untuk mengajarkan tentang konsep kesabaran dan ketekunan.

Banyak sekolah yang mengajarkan anak-anak untuk bekerja dan bermain di kebun untuk mengenal alam. Anak-anak berpartisipasi dalam penanaman pohon, memetik gulma, penyiraman tanaman, dan belajar berbagai teknik pengomposan. Anak-anak belajar tentang alam saat berinteraksi dan bekerja di kebun.

Tujuan dari kegiatan berkebun untuk sekolah adalah untuk menginspirasi anak-anak mengembangkan hubungan yang sehat antara manusia dengan lingkungannya. Bekerja di kebun akan mengembangkan pikiran dan tubuh mereka melalui aktivitas fisik. Berkebun akan mengekspos mereka untuk melihat keajaiban alam, dan akan memberikan kesempatan pada anak-anak untuk bermain kreatif dan spontan.

Berkebun mendorong pengembangan kebiasaan dan sikap mencintai lingkungan seumur hidup yang adapat menyebabkan terciptanya masa depan yang berkelanjutan. Dengan menghabiskan waktu di taman, anak-anak akan mendapatkan pengalaman untuk belajar tentang dari mana makanan berasal dan belajar tentang siklus alam.

Berkebun mendorong anak-anak untuk berhubungan dengan diri mereka sendiri dan lingkungan alam. Kegiatan berkebun memungkinkan mereka mendapatkan pengalaman penuh dengan dunia di sekitar mereka, serta belajar tentang bagaimana tanaman tumbuh dan berkembang dapat mempengaruhi mereka dan masa depan mereka.

Membangun taman bersama anak-anak juga merupakan cara yang ideal untuk anak-anak terlibat secara aktif menanam sayuran dan bunga milik mereka sendiri. Hal ini penting bagi anak untuk belajar hal-hal tersebut dari muda sehingga mereka dapat menggunakan keterampilan ini saat mereka tumbuh dewasa. Anak-anak ini bisa menciptakan sesuatu dari nol dan belajar bagaimana rasanya membuat sesuatu untuk diri sendiri.

Sumber:

Jurnal Halal No. 111 Januari-Februari Th. XVIII 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s