Dalam kamus bahasa Arab, definisi berkah diambil dari kata al-barkatu yang diartikan an-ni’mah (kenikmatan) dan an-na’maau, az-ziyadatu (penambahan). Dengan kata lain, berkah adalah suatu kenikmatan atau suatu kebahagiaan atau sebuah penambahan.

Atau secara istilah, berkah adalah berlakunya suatu kebaikan pada sesuatu yang bersifat ilahiyah. Dalam arti lain, kebaikan yang bersumber dari Allah Ta’ala yang ada pada sesuatu. Oleh karena itu, kata al-barakah memiliki makna dan pemahaman yang sangat luas. Imam Nawawi berkata, “Asal makna keberkahan adalah kebaikan yang banyak dan abadi.”

Mari kita simak kisah berikut ini. Salah seorang sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membawakan dua belas dirham supaya dibelikan baju. Rasulullah memerintahkan Ali untuk menyediakan baju dengan sejumlah uang tersebut.

Tatkala baju yang dibelikan dibawa ke hadapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Sekiranya baju ini diganti dengan yang kasar, karena aku tidak suka mengenakan pakaian untuk berbangga-bangga.” Ali radhiyallahu ‘anhu mengembalikan baju itu, kemudian membeli baju yang seharga empat dirham. Ditengah jalan ada seorang fakir memohon diberikan baju. Ali menyerahkan baju tersebut dan kembali pergi membeli baju seharga 4 dirham.

Di tengah jalan, Ali melihat seorang budak wanita menangis karena kehilangan uang empat dirham dan takut untuk pulang ke rumah. Ali memberikan apa yang diinginkan oleh budak wanita itu. Namun ia tetap saja menangis. Ali bertanya, “Mengapa engkau masih menangis?” Budak wanita itu menjawab, “Aku takut kembali ke rumah karena sudah terlambat. Tuanku tentu akan menghajarkau.”

Ali menyertai budak itu kembali ke rumahnya sehingga tidak dimarahi. Sang majikan pada akhirnya menyerahkan budak wanita itu kepada Rasulullah sebagai hadiah, dan Rasulullah lantas membebaskan budak itu dan kemudian bersabda, “Wahai Ali, alangkah berkahnya dua belas dirham itu, membusanai dua orang telanjang dan membebaskan seorang budak.”

Sumber:

Adhi Azfar, Menjadi Orang Kaya yang Berkah, Kalam Pustaka: 2010

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s