Hikmah Puasa

Posted: June 20, 2015 in Ibadah
Tags: , ,

Allah Ta’ala mewajibkan puasa pasti banyak hikmah di dalamnya, baik untuk kebaikan dunia dan juga kebaikan akhirat. Di antaranya adalah:

Pertama, meningkatkan ketakwaan kepada Allah

Puasa merupakan ibadah seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala dengan meninggalkan hal yang paling disukai dan menahan hawa nafsunya. Jiwanya dilatih dengan takwa. Dia selalu merasa diawasi oleh Allah Ta’ala kapanpun dan dimanapun, baik dalam keadaan terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi. Allah Ta’ala berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Kedua, melatih diri untuk meninggalkan maksiat dan dosa

Apabila orang berpuasa sanggup menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang sejatinya halal dan diperbolehkan karena perintah dari Allah Ta’ala, maka dia pun akan mampu mengendalikan hawa nafsunya untuk tidak melakukan maksiat dan dosa. Dia akan sanggup konsisten di jalan Allah Ta’ala dan tidak akan terjerumus pada kebatilan.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan kotor dan tetap mengerjakan maksiat, maka Allah tidak akan segan untuk menanggalkan pahala meninggalkan makan dan minumnya.” (HR. Bukhari)

Makna hadits ini adalah bahwa barangsiapa yang tidak berhenti dari berdusta dan tetap melakukan perbuatan yang menyebabkan dosa lisan, maka orang tersebut belum sampai kepada tujuan puasa.

Ketiga, mengingat penderitaan orang miskin

Karena dalam puasa terdapat latihan untuk menahan lapar dan dahaga, maka seseorang yang berpuasa akan ingat kepada fakir miskin dan penderitaan mereka yang lapar sepanjang hidupnya. Seorang hamba yang berpuasa akan ingat saudaranya yang miskin dan merasakan bagaimana mereka menderita dalam hidupnya karena selalu lapar dan dahaga. Pada akhirnya, seseorang yang berpuasa akan sungguh-sungguh dalam memberikan bantuan kepada fakir miskin.

Sumber:

Panduan Praktis Muslim, Fahad Salim Bahammam, Indo Modern Guide: Bekasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s