Atasi Masalah Kulit Akibat HPV

Posted: June 29, 2015 in Kesehatan
Tags:

Atasi Masalah Kulit Akibat HPV

Orang yang terinfeksi human papilloma virus berpotensi besar terkena kondiloma.

Banyak yang tidak tahu bahwa kutil yang biasanya tumbuh di tangan atau kaki dapat juga tumbuh dibagian organ intim manusia. Kondiloma adalah sejenis penyakit kutil yang biasanya tumbuh di sekitar anus atau genitalia yang cukup umum. Kutil ini disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) yang biasanya ditularkan melalui kontak seksual.

Mungkin banyak yang bertanya mengapa hal tersebut dapat terjadi. Ternyata HPV ini merupakan jenis virus yang cukup lazim. Virus ini dapat menyebabkan kutil atau pertumbuhan sel yang tidak normal, baik di dalam maupun di sekitar leher rahim, dubur, dan penis.

Kutil-kutil ini pada umumnya tumbuh di permukaan kulit yang lembab dan di daerah sekitar alat kelamin sehingga disebut kutil kulit dan kutil kelamin atau penyakit jengger ayam di kemaluan. Infeksi HPV pada alat kelamin dapat disebarkan melalui hubungan intim. Sedangkan, penularan kutil kulit pada tangan atau kaki dapat terjadi tanpa hubungan seks (penularan dapat melalui sentuhan atau penggunaan barang secara bersama).

Untuk pengobatan kondiloma, penderita biasanya harus melalui tahapan vaksin terlebih dahulu karena penyakit muncul akibat serangan virus. Sangat dianjurkan untuk melakukan vaksin HPV. Apalagi, bagi yang rutin berhubungan seksual.

Kondiloma memang sering muncul pada mereka yang biasa melakukan pergaulan bebas, terutama pada pasangan sejenis.

Banyak sekali faktor terjadinya penyakit kondiloma, baik bagi pria maupun wanita. Meskipun pasangan yang berhubungan intim sudah menggunakan kondom untuk pencegahan, virus ini masih dapat menyerang. Hubungan intim yang kurang sehat dapat menjadi penyebab seseorang mengidap penyakit kelamin ini.

Hal yang paling berpengaruh dalam pencegahan dari penyakit ini adalah dengan menghindari dari gaya hidup seks bebas. Dengan begitu, kita terhindar dari menularnya virus human papilloma. Dan jagalah kebersihan organ intim dengan pembersihan dan menjaganya dari kelembapan.

Pencegahan merupakan hal terbaik yang dapat dilakukan. Karena apabila sudah mengidap penyakit ini, dampaknya adalah bau yang tidak sedap yang berasal dari sekitar daerah kelamin dan aromanya dapat tercium menyengat. Hal ini tentu akan mengganggu kepercayaan diri penderitanya.

Republika 20 Agustus 2015

Koleksi kain tenun tapis terlengkap di www.rumahtapis.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s