Jenis Limbah Organik Pasar

Posted: July 7, 2015 in Sains
Tags: , , , ,

Limbah Sawi

Jenis limbah sawi yang banyak dipasar adalah limbah sawi hijau dan sawi putih. Sawi memiliki kadar air yang cukup tinggi, mencapai lebih dari 95%, sehingga umumnya sawi cenderung lebih mudah untuk diolah menjadi asinan. Jika akan diolah menjadi silase, terlebih dahulu sawi harus dilayukan/dijemur atau dikering-anginkan untuk mengurangi kadar airnya hingga berkisar antara 60%-70%. Nilai energi dan protein kedua jenis sawi ini setelah ditepungkan hampir sama, berada pada kisaran 3200-3400 kcal/kg dan 25-32 g/100 g.

Limbah Kol

Limbah kol yang didapatkan di pasar, merupakan bagian kol hasil penyiangan . Kol juga termasuk sayuran dengan kadar air tinggi sehingga mudah mengalami pembusukan/kerusakan. Tepung kol mempunyai nilai energi sekitar 3.461 kcal/kg.

Limbah Kecambah Toge

Kulit kecambah toge pada umumnya menjadi limbah di pasar-pasar tradisional. Dari berbagai jenis limbah organic pasar yang digunakan dalam pengkajian tepung limbah organic pasar, kulit toge merupakan limbah yang paling berpotensi untuk dijadikan tepung limbah.

Limbah Jagung

Ada dua macam limbah pasar yang berasal dari jagung, yaitu kulit jagung dan tongkol jagung. Kulit jagung manis mempunyai kadar gula yang cukup tinggi, sehingga berpotensi untuk dijadikan silase. Sedangkan tongkol jagung merupakan bagian dari buah jagung setelah bijinya dipipil. Namun limbah jagung umumnya mempunyai kelemahan yaitu kadar protein yang cenderung rendah serta serat kasar yang cenderung tinggi. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, limbah jagung sebagiknya diolah menjadi silase.

Sumber:

Pemanfaatan Limbah Pasar Sebagai Pakan Ruminansia Sapi dan Kambing, Neng Risris Sudolar: BPTP Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s