Kulit Sehat Sepanjang Usia

Posted: December 29, 2015 in Kesehatan
Tags:

Kulit Sehat Sepanjang Usia

Seiring pertambahan usia, sel-sel kulit memerlukan waktu lebih lama untuk memperbarui diri. Pada usia remaja, kulit hanya membutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk beregenerasi. Begitu memasuki usia 50-an, proses yang sama memerlukan sekitar 40 hingga 50 hari. Dengan sendirinya terjadi penumpukan sel-sel kulit mati yang membuat kulit wajah nampak kotor, kusam, dan kasar.

Tak perlu risau, usia yang terus bertambah tak berarti perempuan tidak lagi memiliki kulit indah. Kita bisa melakukan scrubbing untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Perempuan juga perlu mengetahui, radikal bebas dari debu, sinar matahari, dan asap kendaraan bisa membuat kulit menua sebelum waktunya.

Radikal bebas merusak senyawa lemak pada memberan sel sehingga kulit kehilangan kekenyalannya. Akibatnya, muncul keriput di sekitar mata dan garis senyum. Tubuh sebenarnya bisa mengatasi radikal bebas dengan sendirinya. Tentunya, jika kadar antioksidannya mencukupi. Sebaiknya kita ikut membantunya dengan mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung antioksidan.

Kondisi kulit mencerminkan pola makan seseorang. Mereka yang mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah-buahan, dan ikan kulitnya akan tampak sehat. Sebaliknya, orang yang senang menyantap makanan tidak sehat, seperti junk food, makanan dengan kandungan gula tinggi, alkohol, dan merokok maka kulitnya tidak akan tampak sehat dan bugar.

Olahraga juga mampu membantu tubuh memusnahkan radikal bebas pemicu penuaan dini. Laki-laki dan perempuan yang berolah raga rutin dan mengonsumsi suplemen vitamin E, kadar radikal bebasnya di tubuhnya akan berkurang. Olahraga juga membantu melancarkan peredaran darah sehingga kulit akan terlihat cerah.

Kulit juga butuh bernapas. Untuk itu, sebaiknya kosmetik tidak menempel di wajah selama 24 jam. Pasalnya, sisa make up bisa bercampur dengan kotoran hingga menyumbat pori-pori dan membuat kulit wajah terlihat kusam.

Untuk membersihkan kulit dari sisa kosmetik dan kotoran, pilihlah sabun wajah yang memiliki tingkat keasaman stara dengan kulit supaya kulit ari tidak ikut terkikis.

Selain membersihkan wajah, tidur yang berkualitas di malam hari sangat penting untuk memperbarui sel-sel kulit. Saat tidur, tubuh memproduksi hormone perumbuhan yang bersifat membangun sel.

Republika 28 April 2015

Koleksi kain tenun tapis terlengkap diĀ www.rumahtapis.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s