Memaksimalkan Seribu Hari Pertama Si Kecil

Posted: December 29, 2015 in Anak
Tags:

Memaksimalkan Seribu Hari Pertama Si Kecil

Nutrisi yang baik menentukan pertumbuhan bayi. Jika asupan nutrisinya kurang baik, kemungkinan besar dia akan menjadi anak yang kurang cerdas.

Selain kecerdasan, kekurangan nutrisi juga membuat seorang anak buruk dalam perkembangan fisik. Anak akan bisa mengalami stunting. Stunting adalah keadaan tinggi badan di bawah standar pada umur tertentu yang akhirnya memperbesar risiko seseorang terkena penyakit tidak menular, seperti diabetes, hipertensi, obesitas, dan stroke di usia dini.

Indonesia disebut masuk dalam lima negara dengan jumlah stunting terbesar setelah India, Cina, Nigeria, dan Pakistan. Kondisi tersebut tentunya memprihatinkan bagi perkembangan generasi muda Indonesia di kemudian hari.

Untuk menghindari itu semua, periode seribu hari kehidupan, mulai dari masa pembuahan hingga anak berusia dua tahun, menjadi periode emas bagi pembentukan potensi anak. Pada masa ini, otak bayi berkembang sangat pesat. Untuk itu, intervensi gizi terpenting perlu diperhatikan, terlebih untuk kualitas gizi ibu hamil.

Periode emas dalam kehidupan si kecil dimulai dari masa kehamilan hingga usia menginjak tahun kedua. Periode ini merupakan waktu yang sangat krusial karena periode ini sangat kritis, sensitive, dan tidak dapat diulang kembali.

Karena itulah, peran penting orangtua sangat dibutuhkan pada periode tersebut. Orangtua dituntut memenuhi tiga kebutuhan dasar, yaitu perlindungan, stimulasi fisik, serta kasih sayang. Ketiga hal ini diperlukan untuk memastikan tumbuh kembang si kecil.

Saat janin memasuki pekan ke delapan, otak pun mulai berkembang. Selain itu, janin mulai memperlihatkan mata, pangkal kaki, dan pertumbuhan lainnya. Dengan kata lain, saat kita terlambat memberikan asupan nutrisi mulai dari kandungan, janin bisa tumbuh menjadi bayi yang kualitas fisiknya kurang baik.

Kalau asupan nutrisnya buruk, perkembangan otak, pertumbuhan, dan masa otot hingga komposisi tubuh pun bisa ikut jelek. Bayi akan mempunyai sistem imun rendah yang bisa mengakibatkan anak sering sakit.

Itulah sebabnya pada periode emas tersebut sirkuit jaringan otak anak terbentuk 50-80 persen dan periode ini hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Nutrisi yang lengkap dan baik di seribu hari pertama mampu menjadi penangkal berbagai penyakit berbahaya.

Jika sejak kecil anak kurang terjamin nutrisinya, saat menginjak dewasa, mereka bisa mengalami masalah kesehatan, seperti gangguan hipertensi, jantung, dan saluran cerna.

Republika 23 Oktober 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s