Penggunaan Pasta Gigi Pada Anak

Posted: December 29, 2015 in Anak
Tags:

Penggunaan Pasta Gigi Pada Anak

Di saat si kecil tumbuh gigi, orangtua sering merasa khawatir dengan pertumbuhan giginya. Sebagian dari mereka takut apabila gigi anak mengalami berbagai masalah termasuk gigi berlubang dan lainnya.

Untuk mencegah hal tersebut, kiranya orangtua perlu ekstra memperhatikan kebersihan gigi anak. Salah satunya adalah dengan mengedukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi dua kali sehari.

Penggunaan pasta dan sikat gigi pada anak, terutama untuk yang berusia 0-2 tahun. Orangtua tidak boleh asal dalam memilih sikat gigi untuk anak, harus diperhatikan kelembutan bulu sikat giginya.

Jika anak belum berusia dua tahun, sebaiknya diajarkan untuk menyikat gigi tanpa pasta gigi dulu karena takut tertelan. Kalau sudah berusia dua sampai tujuh tahun barulah boleh diberikan pasta gigi khusus anak, tapi hanya boleh digunakan sebesar biji jagung.

Sementara itu, karena makanan mereka makin bervariasi maka setelah anak berusia tujuh tahun ke atas mereka sudah boleh menggunakan pasta gigi yang umum dipakai oleh orang dewasa. Sedangkan penggunaan sikat gigi dapat disesuaikan dengan ukuran rahang anak.

Jika usia tujuh tahun tapi rahangnya masih kecil, sebaiknya tetap menggunakan sikat gigi khusus anak-anak. Tapi kalau sudah besar, boleh gunakan sikat gigi dewasa. Namun, pilihlah bulu sikat dengan permukaan yang halus agar gusi anak tidak terluka saat menyikat gigi.

Edukasi merawat dan menyikat gigi yang benar secara teratur penting dilakukan oleh orangtua. Dengan begitu, diharapkan gigi anak dapat tumbuh dengan baik dan tidak mengalami kendala di kemudian hari.

Republika 15 Desember 2015

Koleksi kain tenun tapis terlengkap di www.rumahtapis.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s