Pertolongan Pertama Saat Cedera

Posted: December 29, 2015 in Kesehatan
Tags:

Pertolongan Pertama Saat Cedera

Ketika mengalami cedera dalam berolahraga, dapat terjadi pada beberapa jaringan, yakni tulang dan sendi, serta otot dan ligament. Dua kondisi cedera tersebut penanganannya pun berbeda-beda.

Protection

Ketika terjadi cedera, gunakan alat yang berfungsi untuk melindungi bagian tubuh yang cedera. Alat bantu yang bisa dipakai sebagai pelindung, di antaranya perban elastis, ankle brace, atau gips.

Rest

Apabila mengalami cedera saat berolahraga sebaiknya langsung beristirahat dan jangan memaksakan untuk melakukan kegiatan olahraga. Jika terus dipaksakan maka cedera akan semakin parah dan dapat merusak jaringan otot maupun jaringan lainnya.

Ice

Pada cedera olahraga, akan ada risiko pendarahan karena rusaknya pembuluh darah. Untuk itu, disarankan mengompres bagian yang cedera dengan es batu. Es memiliki sifat analgesic yang dapat meredam rasa sakit dan dapat mengecilkan pembuluh darah yang rusak. Namun, pemberian es pada cedera sebaiknya dilapisi dengan kain agar tidak langsung bersentuhan dengan kulit yang dapat menyebabkan alergi.

Compression

Compression yakni menutup dan menekan lokasi cedera dengan kasa atau perban. Tindakan ini dibutuhkan untuk mencegah terjadinya pembengkakan.

Elevation

Mengangkat daerah yang cedera lebih tinggi dari jantung si penderita cedera. Hal ini sebaiknya diulangi setiap dua hingga tiga jam sekali guna melancarkan kembali aliran darah yang sempat mengalami pembengkakan akibat cedera.

Republika 4 November 2015

Koleksi kain tenun tapis terlengkap di www.rumahtapis.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s