Rahasia Tetap Sehat Dan Awet Muda

Posted: December 29, 2015 in Wanita
Tags:

Rahasia Tetap Sehat Dan Awet Muda

Usia 40 tahun adalah saat yang tepat untuk mengevaluasi kesehatan dan membuat rencana jangka panjang.

Memiliki tubuh yang sehat dan selalu tampak awet muda menjadi dambaan banyak orang. Namun demikian, ketika usia semakin bertambah, kemunculan tanda-tanda penuaan tetap saja tidak dapat mereka hindari. Tidak itu saja, menurunnya kualitas kesehatan tubuh kadang juga ikut menghantui kehidupan mereka.

Setelah menginjak usia 40 tahun, umumnya orang-orang akan menjadi rentan terkena bermacam-macam penyakit. Berbagai jenis penyakit degenerative, seperti penyakit jantung, stroke, darah tinggi, kencing manis, dan osteoporosis, pun mulai mengintai mereka.

Ditambah lagi dengan berbagai kesibukan yang banyak menyita pikiran dan tenaga, semisal, urusan kantor, membesarkan anak, dan sebagainya, cenderung membuat orang malah mengabaikan kesehatan diri sendiri. Masalah kesehatan yang kecil sekalipun dapat menjadi ancaman besar jika tidak segera diatasi.

Program kesehatan yang serius sudah harus dimulai sejak usia 40 tahun. Untuk menjalani program tersebut, dibutuhkan perubahan gaya secara drastic. Antara lain, dengan menerapkan pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan menghentikan segala kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan.

Mereka yang rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan mempunyai gaya hidup yang benar akan tampak awet muda, sehat, bugar, dan kuat pada usia emas.

Untuk menerapkan pola makan sehat, orang-orang perlu menghitung seberapa banyak kalori yang mereka konsumsi setiap harinya. Mulai dari kalori yang terdapat pada makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, camilan, hingga minuman.

Asupan kalori yang masuk ke tubuh tidak boleh melebihi kebutuhan harian. Untuk pria dengan usia antara 25-51 tahun, kebutuhan kalori maksimumnya adalah sebanyak 2.500 kilokalori (kkal) per hari. Sementara, untuk wanita dalam rentang usia yang sama, batas asupan kalori harian mereka hanya 1.900 kkal per hari.

Jika jumlah kalori yang masuk ke tubuh kita setiap harinya selalu melebihi dari yang dibutuhkan, itu bisa menimbulkan kegemukan, bahkan obesitas. Jika sudah begitu, berbagai macam penyakit pun akan mudah menyerang kita.

Ada banyak keuntungan yang didapat seseorang dengan membiasakan pola makan yang sehat. Di antaranya adalah membuat senyum jadi lebih berseri, mengurangi tingkat stress, memperoleh perut yang langsing, tidak memiliki banyak kerutan di wajah, meningkatkan daya piker, dan mempunyai semangat kerja yang lebih baik.

Selain itu, orang yang terbiasa makan sehat rata-rata juga memiliki penampilan yang lebih baik daripada mereka yang tidak menjaga pola makannya.

Selain memerhatikan asupan kalori harian, berolahraga secara teratur juga dapat membuat orang awet muda. Berolahraga dengan rutin akan memperlancar metabolisme yang secara tak langsung dapat memperlambat proses penuaan. Tidak hanya itu, berolahraga selama 15 menit setiap hari dapat membakar 750 kilokalori yang berarti cukup efektif untuk membuang lemak berlebih pada tubuh kita.

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan berolahraga secara teratur. Beberapa di antaranya adalah mencegah kepikunan dini, menurunkan rasa cemas, meningkatkan daya ingat, dan membantuk meningkatkan rasa percaya diri. Di samping itu, berolahraga teratur juga membuat kita lebih energetik dan produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Perubahan usia juga membuat metabolisme tubuh seseorang melambat, termasuk salah satunya adalah metabolisme lemak. Kondisi tersebut membuat lemak lebih mudah menumpuk di tempat-tempat tertentu, seperti perut, paha, dan lengan.

Metode yang paling baik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengombinasikan diet dan olahraga secara teratur.

Republika 21 Desember 2015

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s