Selamanya akan Kanker? Tentu Tidak

Posted: December 29, 2015 in Kesehatan
Tags:

Selamanya akan Kanker? Tentu Tidak

Kanker usus wajib dicegah oleh setiap orang, karena tidak sedikit kematian disebabkan penyakit tersebut. Sama seperti penyakit sistemik, kanker usus juga diam-diam dapat menjadi pembunuh yang dapat menelan korban jiwa.

Kanker usus tidak mudah untuk disembuhkan, tak jarang kebanyakan pasien yang melakukan operasi banyak yang malah kankernya menjalan ke organ vital lainnya. Walau tak jarang pula yang berhasil sembuh dan bertahan hidup.

Kesembuhan tiap pasien penderita kanker memang berhantung dari tingkat stadiumnya. Namun sejauh ini memang belum ditemukan adanya pasien yang terbebas dari jeratan penyakit kanker yang menyerang organ tubuh manapun.

Once cancer, forever cancer. Tapi semua itu bergantung bagaimana individu tersebut merawat tubuh dan kesehatannya. Walau menderita kanker, banyak pula orang yang berhasil survive pascaoperasi dengan tetap menerapkan pola hidup sehat dan tidak stress.Pola hidup sehat dan mengatur pola piker agar tidak stress sangat penting bagi penderita kanker. Hal ini berguna meningkatkan kualitas hidup mereka agar lebih baik dan kesempatan untuk hidup lebih panjang. Banyak orang berpikir bahwa jika sudah terkena kanker, hidupnya tidak akan lama lagi, padahal tidak sesederhana itu.

Stadium si penderita kanker sangatlah menjadi penentu umur. Maka itu penting untuk mendeteksi dini tentang stadium kanker seseorang jika sudah didiagnosis kanker, termasuk untuk kasus kanker usus.

Menurut data WHO, 50 persen penyakit kanker dapat disembuhkan secara kuratif tanpa kambuh lagi. Masalahnya adalah masyarakat Indonesia belum paham betul mengenai manfaat deteksi dini penyakit kanker melalui medical check up. Sedangkan gejala awal kanker kadang tidak disadari oleh para penderitanya.

Republika 31 Agustus 2015 Hal. 24

Koleksi kain tenun tapis terlengkap di www.rumahtapis.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s