Self Coaching

Posted: December 29, 2015 in Pemikiran
Tags:

Self Coaching

Tertarik menggali potensi? Lakukan self coaching, yakni pendekatan dalam mengembangkan potensi diri dengan cara mestimulasi pikiran melalui proses kreatif pada diri sendiri. Self coaching bisa dilakukan dalam berbagai situasi, seperti pengambilan keputusan, menentukan pilihan, menenangkan diri, menggeser perspektif lebih luar, memahami situasi dari berbagai pihak, mencari tujuan dan makna hidup, mencari pengembangan diri, dan lainnya sebagainya.

Pertama, ketika menjadi seorang istri dan ibu, perempuan tentu akan turut berperan sebagai pengambil keputusan. Selain bertanya kepada suami, anak, dan anggota keluarga lainnya, lakukan dialog dengan diri sendiri.

Misalnya, “Apa sebenarnya yang ingin saya capai?”, “Apa dampaknya bagi saya, keluarga, dan orang lain?”, “Apa yang akan dirasakan keluarga apabila saya ambil keputusan ini?”, “Apa hubungannya dengan nilai-nilai diri dan keyakinan saya?” Pertanyaan tersebut bisa membuat perempuan mengerti perannya di dalam rumah dan lingkungan.

Kedua, seorang perempuan bisa menjadi coach bagi anaknya. Coaching ini akan berdampak pada lingkungan dan anak. Pada saat anaknya berusia dini, seorang ibu sebaiknya tidak hanya menyayangi, tapi juga menghargai anaknya sebagai manusia yang penuh daya. Cara coaching untuk anak adalah dengan membuat kesepakatan dalam aturan dan pola aktivitas buah hati sedini mungkin. Aturan tanpa maksud mengekang, tetapi lebih pada melatih pengelolaan waktu dan fokus pada prioritas pengembangan karakter dan kognitif anak.

Republika 28 April 2015

Koleksi kain tenun tapis terlengkap di www.rumahtapis.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s