Siap Menyongsong Tiap Babak Kehidupan

Posted: December 29, 2015 in Kejiwaan
Tags:

Siap Menyongsong Tiap Babak Kehidupan

Pengasuhan sejak kecil dan faktor lingkungan turut membentuk kepribadian seseorang.

Pertambahan usia merupakan suatu keniscayaan, lain halnya dengan kematangan kepribadian seseorang. Perubahan kepribadian baru bisa terjadi ketika seseorang merasakan peristiwa atau pengalaman yang mendesaknya untuk berubah. Pada teori perkembangan, usia 20 tahun termasuk dalam fase masa akhir remaja. Idealnya, sebelum menapak ke usia selanjutnya, ada beberapa tugas perkembangan yang harus terselesaikan.

Kemampuan untuk memutuskan masa depan, termasuk pendidikan dan pekerjaan. Masuk usia 25 hingg 30 tahun, idealnya setiap orang sudah memiliki kepribadian yang lebih matang. Pada fase ini biasanya perempuan mulai mempersiapkan diri ke fase kehidupan selanjutnya, yakni berkeluarga.

Di saat bersamaan, perempuan memikirkan kematangan ekonomi agar tidak lagi bergantung pada orangtua. Begitu seterusnya ketika usia semakin bertambah. Secara umum idealnya demikian, tapi bukan tidak mungkin meleset dari teori.

Ada pula kondisi saat seseorang berusia 20 tahun justru memiliki pikiran jauh lebih matang dari usianya. Pengalaman hidup, lingkungan keluarga, dan sosial menjadi faktor penentunya.

Lingkungan sekitar dan keluarga memiliki andil besar dalam membentuk kepribadian seseorang. Keluarga yang memiliki control kuat akan membuat anaknya berkembang lebih optimal. Anak akan menjadi pribadi mandiri dan tangguh tanpa harus bergantung pada orang lain. Pengasuhan yang tepat akan membuat seseorang lebih bijak menjalani hidup tanpa gejolak emosional berlebih.

Republika 28 April 2015

Koleksi kain tenun tapis terlengkap diĀ www.rumahtapis.blogspot.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s