Syekh Muhammad Mahfuz At-Tarmasi: Ahli Hadis dari Tanah Jawa yang Mendunia

Posted: December 29, 2015 in Biografi
Tags:

Syekh Muhammad Mahfuz At-Tarmasi: Ahli Hadis dari Tanah Jawa yang Mendunia

Abad ke-18 menjadi tonggak kebangkitan ilmu di Haramain, dua Kota Suci, Makkah dan Madinah. Penuntut ilmu dari berbagai negara berbondong-bondong mendatangi kedua kota tersebut untuk memperdalam Islam. Tak sedikit yang berhasil dan bahkan menetap sebagai rujukan belajar para pelajar Islam.

Nama Syekh Muhammad Mahfuz bin Abdullah At-Tarmasi merupakan satu dari sekian ulama yang menorehkan tinta emas keberhasilan tokoh asli nusantara yang menimba ilmu di Haramain.

Sosok kelahiran Tremas, Jawa Timur, 31 Agustus 1868, tercatat sebagai pengajar di Masjid Al-Haram, Makkah. Prestasi ini bukan tanpa dasar. Kredibilitas dan kapasitas keilmuan yang dimiliki oleh Syekh Mahfuz At-Tarmasi ini sangat mumpuni. Ia pemegang mata rantai sanad ke-23 atau yang terakhir dari kitab Sahih Al-Bukhari.

Kepakarannya tersebut tertuang dalam berbagai karya. Syekh At-Tarmasi, begitu akrab disapa, produktif mengarang karya-karya yang berkualitas. Kitab-kitab tersebut seluruhnya berbahasa Arab, sebagaiannya telah dicetak dan disebar, tetapi ada yang dinyatakan raib.

Di antara karyanya yang masih bertahan hingga sekarang adalah Manhaj Dzawi An-Nazhar. Kitab tentang gramatika bahasa Arab ini jamak digunakan di pesantren-pesantren. Karyanya yang paling terkenal adalah magnum opusnya di bidang fikih, yaitu Mauwhibab Dzi Al-Fadl.

Kitab tersebut masuk ke daftar literature wajib beberapa perguruan tinggi di Timur Tengah, seperti Maroko, Arab Saudi, Irak, dan negara-negara lainnya. Bahkan, sampai sekarang di antara kitab-kitabnya masih ada yang dipakai dalam pengajian di Masjidil Haram.

Atas kepakarannya tersebut, tak mengherankan bila ulama asal Padang, Sumatra Barat, yang berpengaruh pada 1970-an, menjuluki Syekh At-Tarmasi dengan gelar-gelar keilmuan yang istimewa, mulai dari sang alim, ahli hadis, pakar sanad, ahli fikih, dan pakar ushul fikih.

Republika 6 Desember 2015

Koleksi kain tenun tapis terlengkap di www.rumahtapis.blogspot.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s