Mengatasi Biang Nyeri

Posted: January 6, 2016 in Kesehatan
Tags:

Mengatasi Biang Nyeri

Untuk mengatasi penyebab nyeri sendi, pasien osteoarthritis (OA) harus mengerti dulu apa yang kerap terjadi pada sendinya. Dia juga harus memahami mengapa timbul rasa sakit dan apa yang perlu dilakukan sehingga pengobatan OA dapat berhasil.

Kebanyakan pasien mengeluhkan ketika mereka beraktivitas kerap merasakan nyeri, namun apabila istirahat, nyeri tersebut hilang. Itulah sebabnya banyak pasien memilih diam dan seminimal mungkin melakukan aktivitas agar tidak nyeri.

Itu kurang tepat karena otot-otot sendi melemah jika jarang digunakan. Beban ke sendi lebih berat dan nyerinya makin meningkat.

Pasien OA harus berusaha agar tetap dapat melakukan aktivitas sehari-hari, latihan, dan tidak menjadi beban bagi orang sekitarnya.

Untuk koleksi kain tenun tapis terlengkap, silahkan kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Selain itu, pasien perlu berhati-hati ketika mengonsumsi obat-obatan atau jamu tradisional yang dijual bebas di pasaran guna mengatasi masalah nyeri sendi. Campuran yang berbahaya bagi pasien yang mengonsumsinya.

Efek samping yang terjadi, adalah mata rabun, tulang keropos, tensi darah meningkat, lambung luka, muntah darah, dan ginjal terganggu. Bahkan, pada efek yang fatal, obat-obatan dan jamu yang dijual bebas itu dapat menyebabkan kematian.

Selain itu, menjaga berat badan ideal dinilai penting huna menghindari penyakit ini. Berat badan berlebih menjadi beban bagi sendi penopang tubuh.

Selama ini, banyak mitos yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa makan sayur-sayuran hijau atau kacang-kacangan dapat menyebabkan nyeri sendi. Hal ini tidaklah benar. Tidak ada makanan tertentu yang menyebabkan nyeri sendi, termasuk sayur-sayuran dan kacang-kacangan.

Yang paling penting, guna menghindari penyakit ini adalah melakukan perubahan pada gaya hidup. Mulai mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, hindari makanan berpengawet, dan tetap melakukan aktivitas sehari-hari tanpa perlu membatasi gerak karena tubuh kita tetap perlu bergerak guna melatih otot-otot sendi agar tidak kaku.

Republika 14 Agustus 2015

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s