Sudah Besar, Anak Tak Kunjung Punya Inisiatif

Posted: January 13, 2016 in Anak
Tags: ,

Sudah Besar, Masih Disuruh-suruh

Apa jadinya bila sudah besar anak tak kunjung punya inisiatif?

Tidak ada kata terlambat untuk menumbuhkan inisiatif dalam diri individu. Apa orang tua yang anak-anaknya kini telah berusia remaja bisa memberi pemahaman dengan cara berdiskusi. Anak-anak yang mulai beranjak dewasa harus lebih diberi peringatan secara lembut, seperti mengajak mereka berdiskusi. Jangan pernah mengatakan hal berupa instruksi karena ini justru memperburuk situasi.

Selain diskusi, orang tua bisa lebih membiasakan sang anak dalam menentukan pilihan. Misalkan, dengan mengajak anak melakukan sesuatu di rumah. Orang tua bisa mengatakan apakah ada yang ingin lebih dulu mereka kerjakan.

Tidak lupa, meski tak lagi ada pada usia kanak-akan, para orang tua tetap harus memberikan putra-putri mereka apresiasi dan reward saat inisiatif mulai muncul pada dirinya. Anda sebagai orang tua juga harus mencontohkan sikap yang membuat anak-anak lebih tergerak untuk berinisiatif dalam berbagai hal.

Untuk koleksi kain tenun tapis terlengkap, silahkan kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Seperti, membersihkan lingkungan luar rumah atau apapun yang bisa menolong orang disekitar. Dari sana, Anda juga bisa lebih mudah mengajak anak-anak untuk mengerjakan suatu kegiatan positif bersama-sama dan tentu, inisiatif mereka dapat terus tumbuh kapapun dan dimanapun berada.

Republika 10 Januari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s