Khasiat Air Tajin

Posted: January 20, 2016 in Kuliner
Tags: , ,

Cerita Tajin Dari Minangkabau

Air tajin juga dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Salah satunya berasal dari daerah minangkabau. Sambalado cangkuak adalah salah satu yang populer.

Air tajin sedari dulu sudah digunakan oleh masyarakat wilayah Sumatra Barat. Seperti di daerah nusantara lainnya, air tajin pada zaman dahulu digunakan sebagai pengganti susu bagi bayi dan anak-anak karena kondisi ekonomi yang sulit.

Namun, lambat laun masyarakat menyadari bahwa air tajin mengandung manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Tak heran, orang-orang di daerah minangkabau sering mengonsumsinya. Bahkan, tak hanya bayi dan anak-anak, namun juga orang dewasa.

Kalau zaman dahulu, memang orang-orang minangkabau meyakini air tajin memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan terlebih untuk anak bayi, jika sang ibu merasa kekurangan ASI. Di zaman kini, penelitian mengungkapkan banyaknya nutrisi di dalam air ini.

Untuk koleksi kain tenun tapis terlengkap, segera kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Salah satu kandungan dalam air tajin yang manfaatnya begitu terasa adalah adanya vitamin B1. Vitamin ini terdapat dalam lapisan terluar beras yang belum disosoh atau masih mengandung kulit ari. Selain menghasilkan energi, orang mengonsumsi air ini bisa terjaga fungsi jantungnya serta meningkatkan fungsi otak, yang sangat baik bagi anak dan balita.

Setelah dikonsumsi sebagai minuman,, baik untuk bayi, anak-anak, dan orang dewasa, masyarakat minangkabau di jaman dahulu mulai memanfaatkan air ini untuk menjadi masakan. Banyak orang, khususnya dari wilayah Darek atau daerah asli minangkabau yaitu Tanah Datar, Agam, dan Lima Puluah Koto yang membuat sambalado cangkuak. Sambalado ini kini kerap menjadi pilihan mereka yang ingin mengonsumsi minyak.

Awalnya hanya masyarakat di wilayah Darek yang membuat sambalado cangkuak. Zaman dahulu, mereka biasa memasak nasi dengan menggunakan periuk dan saat nasi masak, sambal tersebut juga siap disajikan.

Republika 17 Januari 2015

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s