Hewan Bukan Penyebab Manusia Terserang Flu

Posted: February 1, 2016 in Kesehatan
Tags: , , ,

Memasuki musim penghujan, berbagai masalah kesehatan kerap datang dan mengganggu fungsi kerja organ tubuh kita. Salah satu penyakit yang cukup sering diderita masyarakat di musim seperti ini adalah flu dan batuk.

Kita bahkan sering merasa flu dan batuk yang diderita makin parah, terutama ketika kita memiliki hewan peliharaan di rumah.

Bersentuhan dengan hewan berbulu di rumah tidak akan membuat kondisi penyakit flu dan batuk semakin bertambah parah.

Hewan-hewan berbulu di rumah tidak akan menyebarkan virus bagi manusia yang sedang flu dan batuk. Justru, hewan ini akan memberi dampak kenyamanan bagi kita yang sedang sakit. Sekali lagi, hewan bukanlah penyebab manusia terserang suatu penyakit.

Ancaman yang paling mungkin untuk menyebarkan suatu penyakit pada dasarnya adalah dari manusia ke manusia. Karena, baik flu maupun batuk atau penyakit yang diakibatkan oleh virus ini, sejatinya ditularkan melalui kontak pribadi yang berdekatan.

Apabila orang yang sehat berdekatan dengan yang menderita sakit flu dan batuk lebih dari satu jam, tentu memungkinkan orang sehat tersebut tertular karena kontak fisik melalui jabat tangan, berpelukan, memegang gagang pintu, maupun embusan nafas.

Untuk mencegah flu, kita harus rajin mencuci tangan, terutama ketika pulang dari bepergian di luar rumah. Jika perlu, lakukan vaksinasi untuk mencegah flu di musim seperti ini.

Republika  21 Januari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s