Khasiat Sabun Propolis Untuk Kulit Sehat

Posted: February 1, 2016 in Kesehatan
Tags: , , ,

Sebagian masyarakat mungkin tidak asing dengan manfaat dari propolis. Propolis adalah sebuah obat herbal alami yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, mulai dari meningkatkan sistem imun, menangkal masuknya berbagai penyakit, hingga menyembuhkan penyakit.

Propolis berasal dari lem yang dihasilkan liur atau zat resin yang dikumpulkan lebah madu dari sumber tumbuhan, seperti aliran getah atau tunas pohon. Warna dari propolis ini tergantung dari sumber tumbuhannya, namun biasanya berwarna cokelat tua.

Zat yang masih alami ini yang belum diolah bersifat lengket padaa suhu ruangan atau di atas 20 derajat celcius. Sementara, jika lebih rendah, zat ini mengeras dan rapuh.

Setelah melalui beberapa proses pemisahan lilin sarang lebah dengan propolis, barulah zat itu siap digunakan dalam bentuk liquid. Propolis yang sudah jadi ini biasanya dikonsumsi dengan cara diteteskan ke segelas air putih, diaduk, kemudian diminum.

Namun, saat ini propolis tidak saja dikenal sebagai produk yang bisa diminum dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kini, propolis juga bisa digunakan sebagai penambah bahan sabun yang kaya dengan manfaat bagi kesehatan kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kering.

Propolis memang terkenal dengan manfaatnya selama ini bagi kesehatan tubuh lewat zat aktif flavonoid di dalamnya. Sehingga, propolis juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Selama ini jenis propolis di Indonesia dikenal dengan kandungan flavonoid yang cukup, yakni sekitar sembilan persen. Jumlah lebah madu yang hidup di hutan Indonesia juga sangat banyak. Hal inilah yang juga membuat pengembangan bahan berbasis propolis semakin berkembang.

Flavonoid adalah zat aktif alami yang mengandung antimicrobial dan antialergi. Tentu saja zat-zat tersebut sangat efektif dalam mengatasi masalah kulit sensitive yang bermasalah.

Sabun propolis dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah kulit yang diakibatkan oleh bakteri seperti alergi, eksim, gatal-gatal, jerawat, menghilangkan bekas luka, serta menjaga kelembaban kulit agar tidak kering.

Sabun propolis juga harus digunakan secara teratur untuk mandi. Karena tidak mengandung deterjen, sabun ini pun tidak menghasilkan banyak busa sehingga aman digunakan setiap hari.

Sabun propolis aman digunakan bagi seluruh anggota keluarga, kecuali bayi. Begi mereka yang memiliki masalah kulit tertentu, seperti eksim, dengan pemakaian teratur, dapat membaik dalam waktu tiga pekan.

Republika 19 Januari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s