Makanan Bersejarah Jepang Lahir Kembali

Posted: February 1, 2016 in Kuliner
Tags: , ,

Sebuah tren kuliner baru tengah dibentuk di Negeri Sakura: makanan bersejarah. Lewat peresmian pertemuan Rekishoku Jepang, Februari 2016, Yamaguchi, Jepang, akan mempromosikan yang mengandung nilai sejarah yang tinggi di negara itu.

Rekishoku alias makanan bersejarah, adalah sebuah istilah yang ditetapkan beberapa tahun lalu untuk mengacu pada makanan yang berkaitan dengan sejarah. Kadin Yamaguchi telah mengkreasikan kembali makanan yang disajikan tuan tanah Ouchi Yoshioki dalam sebuah pesta banker pada 1500 untuk menjamu Ashikaga Yoshitane, shogun ke-10 pada periode Muromachi (1336-1573).

Lembaga di Yamaguchi itu sejak 2010 telah menghabiskan empat tahun untuk menggarap proyek ini. Kini, mereka bertekad menjadikan makanan bersejarah tersebut sebagai kekhasan kuliner lokal.

Sebut saja Heisei Ouchi Gozen, yang diwujudkan kembali mengikuti semirip mungkin makanan yang disebutkan dalam dokumen sejarah dan sisa-sisa bahan masakan hasil diekskavasi dari periode itu. Misalnya sup zoni dengan nasi, termasuk jeli gamat kering dan abalone, dibumbui dengan miso, sake, dan madu. Sasarannya, masakan yang dihidupkan lagi ini bisa dipesan di hotel-hotel di kota itu.

Pertemuan dua hari itu, yang juga akan melibatkan partisipan dari wilayah di luar Prefektur Yamaguchi. Tujuannya untuk membantu rekishoku berkembang menjadi kategori masakan baru di Jepang, yang mampu menghidupkan komunitas lokal.

Anda merasakan periode tertentu dari masa lalu. Berkat peningkatan dalam jumlah wanita yang kagum pada sejarah belakangan ini.

Sebuah restoran di Ogaki, Prefektur Gifu, misalnya, akan mendiskusi pembuatan kembali makanan yang disajikan untuk Putri Kazu. Sang putri adalah adik bungsu Kaisah Komei yang menikah dengan Tokugawa Lemochi, pada Shogun ke-14 pada periode Edo (1603-1867).

Ada banyak organisasi di seluruh negara ini yang mempelajari rekishoku.

Hideka Nomura, manajer restoran Kazunomiya Gozen, memulai penelitiannya sejak 2010 dan mengkreasikan kembali rekishoku bersama dengan suaminya.

Republika 24 Januari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s