Memilah Area Bersama dan Area Pribadi

Posted: February 1, 2016 in Wanita
Tags: , ,

Setiap individu memerlukan area personal atau pribadi. Kebutuhan itu tetap ada meski sudah terikat pernikahan. Area pribadi ini, di antaranya masalah pekerjaan, hobi, kehidupan sosial, termasuk gadget dan dompet.

Ibaratnya, ada dua lingkaran yang mewakili laki-laki dan perempuan. Seperti diagram Venn, ketika menikah, ada bagian dari lingkaran tersebut yang menyatu. Di luar area yang menyatu itu, area pribadi.

Agar kehidupan rumah tangga dapat berjalan harmonis, suami-istri perlu memiliki kesepakatan bersama mengenai mana yang masuk ke dalam area pribadi dan bukan. Setelah kesepakatan tercapai, kedua belah pihak harus dapat menghargai privasi tersebut.

Suami-istri tak boleh lupa untuk memberikan hak pasangannya. Hak tersebut berupa waktu dan sebagian dari dirinya untuk pasangan mereka. Dengan begitu, hubungan rumah tangga dapat berjalan dengan lebih baik.

Tidak boleh tidak, ada area pribadi. Karena nanti kita akan seperti pasangan, pasangan akan seperti kita. Padahal, dalam pernikahan setiap individu boleh dan masih bebas untuk menjadi diri sendiri.

Rasa kepo yang kerap berujung pada mengakses area pribadi pasangan secara sembunyi-sembunyi disebabkan adanya rasa insecure atau tidak aman yang membuat pasangan gelisah. Untuk kembali merasa secure, pasangan tersebut kemudian terdorong untuk mencari tahu sesuatu yang terdapat dalam area pribadi pasangan.

Biasanya rasa tidak aman itu terjadi ketika pasangan merasa tidak dicintai atau merasa ada hal yang cukup mencurigakan yang dilakukan oleh pasangan. Oleh karena itu, kunci terpenting dalam mengatasi masalah tersebut ialah dengan saling memberi konfirmasi.

Dengan memberi konfirmasi, pasangan akan lebih secure dan tidak perlu membuka-buka area pribadi.

Republika 24 Januari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s