Berkenalan dengan Kopi Bisang

Posted: February 9, 2016 in Sains
Tags:

Berkenalan dengan Kopi Bisang

Satu produk kopi Indonesia belakangan mulai dikenal datang dari Luwu. Dikenal dengan nama kopi bisang, kopi ini diyakini akan populer di lidah para pecinta kopi. Kopi dari kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, ini disebut-sebut sebagai tandingan kopi Luwak. Selama ini kopi luwak dikenal menjadi kopi terbaik dari nusantara.

Dengan rasa yang nikmat, kopi luwak begitu diburu oleh pencinta kopi, tak hanya di tanah air, tapi juga mancanegara. Satu hal yang unik, kopi ini cukup langka karena proses produksi yang berbeda, yaitu dihasilkan dari kotoran luwak.

Kopi bisang memiliki sedikit kesamaan dengan kopi luwak. Pertama, biji kopi untuk membuat kopi ini juga berasal dari hewan bernama bisang.

Sekilas hewan ini mirip dengan luwak. Namun, ukuran tubuhnya sedikit lebih kecil. Bisang senang memakan buah kopi yang disebut akan menghasilkan biji kopi terbaik layaknya luwak. Bahkan bisang diyakini bisa membedakan antara buah kopi yang masih alami dan telah tercampur dengan pestisida.

Info kain tapis terlengkap, silahkan kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Namun, jika biji kopi luwak berasal dari kotoran hewan tersebut, tak demikian dengan kopi bisang. Binatang pengerat ini menghasilkan biji kopi dari proses pencernaan buah yang kemudian dikeluarkan melalui mulut atau dimuntahkan. Dari sana, kemudian biji kopi tersebut dikumpulkan dan diolah untuk dapat menjadi minuman. Mulai dari dicuci, disangrai, hingga dihaluskan menjadi bubuk.

Jadi, kalau kopi bisang ini cukup berbeda dari kopi luwak. Kalau luwak menghasilkan biji kopi dari kotorannya, kalau bisang dari muntahannya.

Kopi bisang pun memberikan sensasi berbeda bagi para pecinta kopi. Mulai dari aroma hingga rasa yang dinilai begitu menggiurkan.

Salah satu yang jelas berbeda adalah keasaman dalam kopi bisang yang lebih terasa dibanding kopi lain.

Meski demikian, tingkat keasaman yang ada dalam kopi bisa tak setinggi yang ada pada kopi mandailing. Selama ini kopi yang berasal dari Sumatra ini terkenal memiliki rasa pekat dan tajam serta aroma kuat.

Kopi bisang tetap sesuai untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan lambung, seperti maag. Memang sedikit memberikan sensasi kecut diakhir saat kita meminum kopi ini. Tapi, tetap lebih lembut dibanding kopi Sumatra.

Tak sekadar nikmat, kopi bisang diyakini mengandung khasiat bagi orang yang mengonsumsinya. Khasiat tersebut adalah menambah stamina.

Menurut orang-orang di Kecamatan Latimojong, kopi bisang bila dikonsumsi secara rutin setidaknya dalam satu bulan bisa menambah stamina.

Republika 31 Januari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s