Mucocele, Benjolan Pengganggu di Mulut Anak

Posted: February 9, 2016 in Kesehatan
Tags: ,

Mucocele, Benjolan Pengganggu di Mulut Anak

Tindakan bedah pada mucocele dapat mengurangi risiko kekambuhan mucocele yang berualang.

Masalah pada rongga mulut ternyata tidak hanya sebatas pada gigi. Sebagian masyarakat mungkin sudah banyak yang pernah mengalami benjolan di rongga mulut, baik mulut dibagian atas, bawah, maupun bawah lidah.

Jika pernah mengalami hal demikian, bisa jadi itu merupakan salah satu jenis gangguan mulut yang diberi nama mucocele. Gangguan tersebut disebabkan oleh trauma pada kelenjar ludah. Akibatnya, kelenjar ludah tidak dapat mengalir sebagaimana mestinya, sehingga membentuk benjolan yang berisi air.

Benjolan ini juga dapat membesar jika terus terkena gesekan, misalnya saat makan.  Mucocele juga merupakan kasus gangguan mulut yang sering terjadi pada anak-anak.

Pencetusnya, di antaranya, kebiasaan menggigit gigit bagian bawah, akibat terbentur saat bermain atau tersodok sikat gigi yang mengakibatkan kerusakan kelenjar ludah minor, sehingga terjadi pengumpulan sativa di bawah mukosa bibir.

Info kain tapis terlengkap, silahkan kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Benjolan mucocele dapat hilang tanpa diobati. Akan tetapi, mucocele dapat membutuhkan waktu lama untuk sembuh, bahkan hingga berbulan-bulan dan melalui fase pecah-timbul-pecah-timbul sampai benar-benar hilang.

Terapi definitive yang biasa dilakukan pada mucocele adalah dengan pengambilan benjolan tersebut melalui bedah minor sederhana. Tindakan ini dapat dilakukan dibawah anastesi lokal dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan.

Waktu pengerjaannya pun singkat, sekitar 15 menit. Tindakan bedah pada mucocele dapat mengurangi risiko kekambuhan mucocele yang berulang. Jenis gangguan dan benjolan pada mulut lain yang sering timbul pada mulut bayi dan anak-anak adalah ranula.

Seperti mucocele, ranula merupakan kelainan yang terjadi pada kelenjar liur. Hanya saja, ranula terjadi pada kelenjar liur yang lebih besar di dasar mulut.

Pada kasus yang lebih serius, ranula dapat menembus otot dasar mulut dan kemudian menimbulkan benjolan di area leher. Hal ini disebut plunging ranula. Pada kasus ranula, biasanya tampak benjolan berisi cairan warna kebiruan di dasar mulut.

Ranula yang berukuran besar dapat menyebabkan lidah terangkat, sehingga menimbulkan gangguan makan dan bicara pada anak. Terapi pada ranula adalah dengan tindakan pembedahan berupa pembukaan atap ranula.

Tindakan ini, diharapkan dapat membuka pintu keluar aliran saliva dan mencegah terjadinya pengumpulan saliva pada dasar mulut. Baik mucocele maupun ranula merupakan kasus yang sering terjadi dan bukan merupakan suatu kasus keganasan seperti yang biasanya ditakutkan orang tua. Dengan tindakan yang tepat, mucocele dan ranula dapat sembuh tanpa komplikasi yang berarti.

Republika 1 Februari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s