Penemu Metode Iqra

Posted: February 9, 2016 in Kaidah
Tags:

As’ad Humam Pencetus Metode Iqra yang Melegenda

Mengaji iqra, banyak muslim di tanah air yang menyebut demikian. Cara mengaji yang ditawarkan metode ini cukup populer pada era 1990-an, bahkan hingga sekarang. Pola pengenalan Alquran yang ditawarkan sangat brilian, mendobrak kebuntuan cara belajar Alquran ketika itu.

Namun, siapa dibalik metode itu, banyak yang kurang mengetahui. KH As’ad Humam, dialah pencetus metode iqra. Meski fotonya tertera di sampul belakang buku iqra, sebagian besar justru asing dengan kiprahnya.

Tokoh yang lahir pada 1933 itu dibesarkan dan berkembang dalam kesahajaan dan kecintaan terhadap ilmu. Iktikad yang besar mengabdi pada ilmu, ia buktikan dengan belajar langsung kepada KH Dachlan Salim Zarkasyi. Meski tak pernah lulus pendidikan formal, ia putus sekolah terhenti di kelas dua Madrasah Mualimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Info kain tapis terlengkap, silahkan kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Aktivitas perniagaan mengantarkan kedua tokoh untuk saling kenal. Kegigihan dan keuletan As’ad mendorong gagasan yang inovatif. Beliau menyusun sendiri pola-pola dan teknik belajar membaca Alquran. Sempat mendapat penolakan dari sang guru, akhirnya ia merangkul para sahabatnya  untuk menyusun sendiri dengan pengembangan penggunaan metode iqra. Akhirnya, ide tersebut terealisasikan dengan baik.

Metode ini pun mendapat respons positif dari muslim tanah air, bahkan dampaknya dirasakan nyata secara luas di dunia internasional, terutama kawasan Asia Tenggara. Metode ini dinilai memiliki banyak kelebihan, seperti kemudahan dan akurasi.

Republika 31 Januari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s