Sentra Industri Gerabah Lombok

Posted: February 9, 2016 in Uncategorized
Tags: , ,

Sentra Industri Gerabah Lombok

Industri pariwisata menjadi salah satu andalan masyarakat Pulau Lombok. Beberapa destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya sehingga mengundang banyak wisatawan berkunjung. Seiring banyaknya kunjungan ini, turut mengerek roda ekonomi selanjutnya, industry cinderamata.

Terletak 14 kilometer dari kota Mataram, Desa Banyumelek, Kabupaten Lombok Barat, NTB dikenal sebagai sentra industry gerabah. Di sini pengunjung dapat melihat gerabah yang dipajang di pelataran rumah maupun di gerai penjual gerabah.

Info kain tapis terlengkap, silahkan kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Pengunjung juga dapat melihat langsung proses pembuatannya. Bahkan, pengunjung diperbolehkan mencoba membuat gerabah. Pembuatan gerabah di Desa Banyumulek sudah turun temurun. Pada awalnya, masyarakat Desa Banyumelek membuat gerabah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti, membuat kendi, gentong, dan peralatan masak lainnya. Seiring berjalannya waktu, tembikar yang dibuat semakin beragam. Berbagai ornament dan penghias ruangan menjadi desain yang lebih diutamakan. Pembuatan gerabah ini memberi dampak positif bagi perekonomian desa.

Kelebihan gerabah yang dihasilkan tidak hanya pada bentuk yang beragam. Warna yang dihasilkan pun sangat indah dan memiliki ciri tersendiri. Ada satu model gerabah yang paling khas, yaitu kendi maling. Kendi ini memiliki lubang di bagian dasar kendi yang dipakai untuk memasukkan air ke dalamnya.

Republika 29 Januari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s