Cara Batalkan Pengiriman (Unsend) Email

Posted: February 15, 2016 in Sains
Tags: ,

Pernah mengklik send pada email dan menyesal kemudian karena salah kirim?

Ketika Anda sedang sibuk atau buru-buru, kadang mengetikkan sesuatu yang seharusnya tidak ditulis, mengklik Reply All padahal seharusnya hanya Reply, atau tak sengaja mengklik tombol Send sebelum email selesai ditulis, mungkin kita akan panic dan mencari tombol undo, sayangnya tombol undo tidak ada pada email.

Jadi bagaimana? Anda memang tidak bisa menarik kembali email yang sudah dikirim. Tetapi anda bisa mengatur email agar di kemudian hari bisa membatalkan pengiriman email.

Kalau Anda pakai email google (gmail), ada fitur yang bisa melakukannya. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak bertahun-tahun, kita hanya perlu mengaktifkannya.

Untuk info kain tenun tapis, silahkan hubungi www.rumahtapis.blogspot.com

Ikuti petunjuk berikut:

Di akun Gmail Anda, klik ikon gear di sisi kanan atas dan pilih Setelah atau Settings

Pada tab Umum atau General, gulung ke bawah dan cari urung kirim atau Undo Send. Beri tanda centang pada kotak Aktifkan Urung Kirim atau Enable Undo Send, dan pilih masa pembatalan.

Anda bisa memilih 5, 10, 20, atau 30 detik. Ini adalah lamanya waktu untuk menyadari bahwa Anda tidak bermaksud mengirimkan email tadi dan menariknya kembali sebelum email dikirimkan. Setelah mengatur, gulung ke dasar layar dan klik tombol Simpan Perubahan atau Save Changes.

Nah kalau sekarang setelah Anda mengklik tombol Send pada sebuah pesan, Anda akan melihat sebuah pesan di atas inbox google Anda dengan sebuah tautan Urung atau Undo.

Selama pesan masih tampil di layar, Anda bisa mengklik tautan Urung atau Undo dan dia akan muncul kembali untuk disunting atau dihapus.

Majalah Sedekah Plus Edisi 20 tahun II September 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s