Pengertian Psikologi Sosial

Posted: February 15, 2016 in Kejiwaan
Tags:

Begitu banyak definisi yang dikemukakan untuk merumuskan Psikologi Sosial. Dari berbagai definisi, secara umum dapat disimpulkan bahwa Psikologi Sosial adalah ilmu pengetahuan yang membahas perilaku individu dalam konteks sosial.

Definisi ini mengandung dua unsur pokok, yaitu perilaku individu dan konteks sosial. Pembahasan tentang perilaku individu telah banyak disampaikan dalam psikologi yang lain, Psikologi Umum.

Unsur penting dari Psikologi Sosial adalah konteks sosial. Pengertian umum tentang konteks sosial adalah orang lain di luar diri seseorang. Secara objektif, yang dimaksud orang lain biasanya hadir secara fisik untuk secara kontekstual dapat dikatakan hadir sebagai sosial, namun dalam psikologi tidak harus demikian. Representasi orang lain dalam bentuk imajinasi dan kreasi masih dimungkinkan sebagai bagian konteks sosial. Artinya, seorang pria yang duduk di kamar sendirian sambil membayangkan wajah kekasihnya  boleh dikatakan dia berperilaku dalam konteks sosial. Orang lain yang dibayangkan tersebut, meski pun tidak hadir, memiliki pengaruh terhadap seseorang. Ini merupakan salah satu ciri dalam kajian Psikologi Sosial. Pada kesempatan lain, Psikologi Sosial juga memperhatikan arus pengaruh yang berbalik arah dan juga pengaruh dua arah sekaligus.

Mengapa Psikologi Sosial menekankan analisis pada perilaku individu, meskipun dalam konteks sosial? Bila psikologi memiliki ciri khas menganalisis aspek psikologis, apakah masih perlu membatasi perilaku individu, bukan manusia yang lebih umum unit analisisnya? Telah terjadi perdebatan yang cukup panjang tentang hal ini. Perdebatan yang dimaksud tidak dapat dilepaskan dari pendapat Floyd Allport yang pertama kali mengemukakan bahwa analisis Psikologi Sosial harus berfokus pada individu. Pengaruh Allport dalam Psikologi Sosial hingga sekarang sangat besar, terutama di Amerika Utara. Dengan memfokuskan pada individu, Psikologi Sosial berkembang sangat pesat. Secara pragmatis, penelitian dengan unit analisis individu memungkinkan untuk melakukan eksplorasi yang sistematis dan mendalam berkaitan dengan aspek psikologis. Kecanggihan dalam eksprerimen Psikologi Sosial di Amerika Serikat mendominasi pemikiran dan perkembangan Psikologi Sosial modern. Dunia harus mengakui bahwa Psikologi Sosial modern adalah fenomena Amerika.

Info tentang kain tenun tapis, kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Pemikiran bahwa Psikologi Sosial harus memfokuskan pada perilaku individu tidak diterima oleh semua ahli psikologi. Kritik banyak datang dari Eropa. Sedikitnya ada tiga hal pokok yang dikritik, pertama, dengan berfokus pada individu berarti terjadi individualisasi pengertian sosial. Pada saat yang sama akan terjadi pula desosialisasi individu. Dua fenomena ini mengingkari ciri sifat manusia sebagai makhluk sosial. Kedua, penelitian individu dalam laboratorium canggih namun hanya menekankan pada aspek psiko-sosial tertentu dinilai sering lepas dari konteks sosial yang nyata. Bila ini terjadi maka Psikologi Sosial menjadi lebih dekat dengan Biologi. Tidak ada salahnya memang mengkaji sosio biologi, namun dalam konteks empiris dinamikanya menjadi lebih kompleks. Ketiga, orientasi Psikologi Sosial yang terlalu individualis dinilai mengingkari kenyataan sejarah. Pada awalnya, psikologi tumbuh dan berkembang dari ilmu alam dan ilmu sosial humaniora. Sesudah psikologi berdiri sendiri sebagai ilmu, salah satu cabangnya yang berkembang adalah Psikologi Sosial. Pada waktu itu Psikologi Sosial tidak membatasi pada perilaku individu.

Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas sekaligus memperluas jangkauan Psikologi Sosial seperti sekarang juga berkembang, ada baiknya juga memperluas definisi Psikologi Sosial. Maksudnya, bahasan Psikologi Sosial tidak sebatas perilaku individu, tetapi unit yang lebih besar.

Pengantar Psikologi Sosial, Faturochman, Penerbit Pustaka: Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s