Resep Alami Pereda Batuk

Posted: February 15, 2016 in Kesehatan
Tags: ,

Batuk merupakan jenis penyakit ringan, tapi meresahkan. Apalagi ketika cuaca sedang tidak stabil.

Sebagian besar dari kita tahu seperti apa rasanya ketika batut datang tiba-tiba. Mengganggu aktivitas dan menyakitkan, terutama di saat malam menjelang tidur.

Minum obat bukanlah satu-satunya solusi untuk menyembuhkan penyakit Anda. Ada ramuan obat batuk dari bahan alami yang bisa Anda coba

Kecap dan jeruk nipis

Peras jeruk nipis, ambil airnya sebanyak hampir 1 sendok makan. Tambahkan kecap manis dan telan sekaligus.

Info tentang kain tenun tapis, kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Air hangat dan garam

Saat Anda mulai merasakan nyeri ditenggorokan, segeralah membuat larutan garam dan air hangat. Garam dalam air dapat membantu mengalirkan kelebihan cairan di daerah yang meradang di tenggorokan. Berkumur juga menghilangkan iritasi di tenggorokan dan mengencerkan lendir.

Madu

Sejak dulu, madu telah dikenal untuk menenangkan tenggorokan teriritasi lapisan dan mengurangi batuk. Madu memiliki zat anti bakteri yang bisa meredakan batuk. Khasiatnya akan lebih mujarah jika digunakan madu murni, tidak dicampuri dengan pemanis atau gula. Caranya, telah 1 sendok makan madu murni sekaligus.

Jahe

Untuk batuk kering, salah satu cara termudah untuk menemukan bantuan adalah untuk memotong satu ruas jahe segar, taburi sedikit garam di atasnya dan mengunyahnya selama beberapa menit. Cara lain: memarkan jahe, masukkan dalam gelas dan tuangi dengan air panas. Tambahkan sedikit madu jika ingin terasa lebih manis.

Bawang putih

Bawang putih merupakan cara yang efektif antimikroba dan ekspektoran. Hancurkan satu suing bawang putih. Masukkan ke dalam panci yang berisi susu putih dingin 600 ml.  Panaskan 1-2 menit. Minum selagi hangat.

Kencur

Kencur juga dipercaya efektif untuk melegakan tenggorokan dan meredakan batuk. Kupas kencur seukuran 3-5 cm. Cuci bersih. Parut. Beri air sedikit dan peras. Minum 1 sendok makan sehari sekali.

Majalah Sedekah Plus Edisi 19 tahun II Agustus 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s