Khasiat Tempe

Posted: March 3, 2016 in Kesehatan
Tags:

Khasiat Tempe

Tempe sudah mendunia karena khasiatnya luar biasa dan bisa berpengaruh baik bagi kesehatan.

Makanan tradisional khas Indonesia, tempe, hingga saat ini terus diupayakan mendapat tempat di berbagai kalangan. Tak hanya ingin diakui di Indonesia, dua lembaga yang peduli tempe, Pergizi Pangan Indonesia dan Forum Tempe Indonesia, juga berusaha mendaftarkan temp eke UNESCO untuk menjadi warisan budaya dunia.

Pengajuan tempe menjadi warisan budaya tak benda dunia diupayakan melelui Kemendikbud sejak 2015. Sejalan dengan upaya tersebut warga Indonesia tidak boleh malu menjadi bangsa tempe karena citra makanan tradisional tersebut semakin membaik.

Citra tempe semakin membaik bahkan berbagai bangsa dunia Barat dan Timur mengakui kebolehan temped an mengonsumsinya.

Tak hanya diakui saja, bangsa lain juga memahami tempe bisa menjadi bagian dari pola makan konsumen tertentu di mancanegara. Meskipun terlihat sebagai makanan biasa saja, orang Indonesia kini tidak bisa menganggap enteng tempe.

Tempe sudah mulai mendunia karena khasiatnya yang luar biasa bisa berpengaruh baik bagi kesehatan tubuh. Kelebihan tempe yang seperti itu seharusnya menjadi alasan orang Indonesia sendiri untuk mempertahankan tempe sebagai makanan dan budaya khas Indonesia.

Untuk pemesanan kain tenun tapis Lampung, silahkan mengunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Jika nanti tempe sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia, generasi muda Indonesia akan semakin menyadari dan tertarik mengonsumsi tempe.

Terkait melestarikan, tentu tak hanya menjadikan tempe sebagai makanan yang bisa dikonsumsi karena nilai gizinya yang tinggi. Tempe juga tidak akan bertahan jika produksinya tidak dilakukan secara stabil.

Republika 10 Februari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s