Kolik Membuat Anak Rewel

Posted: March 17, 2016 in Anak

Kolik Membuat Anak Rewel

Mungkin sebagian orang masih asing dengan istilah kolik yang terjadi pada anak. Kolik adalah suatu keadaan nyeri yang menyerang saluran cerna, umumnya membuat perut anak terasa sakit.

Gangguan kolik atau nyeri perut bisa timbul dari yang ringan hingga berat. Pada keadaan ringan biasanya ditandai bayi sering rewel dan sering minta minum padahal bayi tidak haus. Pada keadaan ini bila dipaksa minum bisa timbul muntah karena perut bayi sudah penuh.

Pada keadaan berat biasanya ditandai seperti kesakitan, menjerit, atau menangis terus-menerus tanpa sebab selama lebih dari 30 menit. Gangguan ini biasanya lebih sering terjadi pada malam hari. Inilah yang mengakibatkan bayi sering tidak bisa tidur saat malam hari sedangkan pada siang hari jam tidurnya sangat panjang.

Gejala kolik pada awal masa pertumbuhan anak biasanya ditandai dengan hiccups (cegukan), meteorismus (kembung), muntah, sering flatus (buang angina), diare, serta sulit buang air besar atau kolik. Gejala hiccups juga sering terjadi agak lama sehingga cukup mengganggu sang bayi ketika melakukan aktivitasnya seperti menyusu.

Untuk info lengkap kain tenun tapis, kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Gejala kolik ini juga kerap disertai oleh gerakan seperti mengejam pada perut. Bila buang air besar tampak sulit mengejan. Padahal bentuk feses lembek bahkan cair.

Keluhan gangguan saluran cerna lain yang sering terjadi adalah muntah. Keluhan ini paling sering terjadi saat bayi berusia di bawah tiga bulan. Terkadang ketika menyusu bayi kerap mengeluarkan kembali air susunya melalui hidung, lalu tersedak.

Namun, orang tua juga tidak perlu terlalu khawatir dalam menghadapi situasi ini. Seiring dengan kematangan saluran cerna si kecil, gangguan ini juga secara bertahap akan berkurang.

Akan tetapi, gangguan ini harus segera ditangani oleh dokter agar tidak mengganggu tumbuh kembang si anak nantinya. Kolik sendiri jika didiamkan akan mempengaruhi tiga parameter pertumbuhan anak, yakni berat badan, lingkar kepala, serta tinggi badan.
Republika   18 September 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s