Wujudkan Impian Bertubuh Ideal

Posted: March 17, 2016 in Kesehatan
Tags:

Wujudkan Impian Bertubuh Ideal

Diet jenis apapun boleh dilakukan, asal sesuai standar penurunan berat badan yang baik.

Setiap orang tentu selalu mendambakan memiliki bentuk tubuh yang ideal, terutama para wanita. Beragam cara dilakukan demi mewujudkan bentuk tubuh yang langsing dan sempurna, termasuk salah satunya melakukan serangkaian operasi sedot lemak.

Namun, belakangan cara tersebut banyak ditinggalkan. Selain operasi sedot lemak memerlukan biaya yang relative besar, beragam risiko pascaoperasi juga tak jarang harus diderita para pasien. Untuk menghindarinya, masyarakat beralih  ke cara yang lebih sehat demi mengurangi kelebihan berat badannya, yakni dengan cara menjalankan diet sehat.

Diet sehat ini juga memiliki beragam jenis dengan nama-nama yang cukup populer, seperti diet mayo, diet OCD, diet food combining, dan lainnya.

Diet boleh dilakukan asalkan tetap memenuhi standar gizi harian sesuai kebutuhan tubuh. Apapun jenis dietnya, yang terpenting adalah tetap mengurangi porsi makanan secara bertahap.

Istilah diet general motors adalah program diet yang digagas perusahaan manufaktur otomotif tersebut untuk meningkatkan kesehatan para karyawannya. Kesuksesan program diet GM ini diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain di luar negeri, termasuk Indonesia.

Untuk info lengkap kain tenun tapis, kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Program diet ini pasalnya bisa diterapkan ke semua umur. Dalam tujuh hari, diet ini bisa menurunkan berat badan sekitar lima sampai delapan kilogram per minggu. Dietnya dengan mengonsumsi buah-buahan pada hari pertama, hari kedua dipenuhi sayuran (mentah dan olahan), dan hari ketiga memakan kombinasi sayuran atau buah.

Selanjutnya, pada hari keempat mengonsumsi pisang dan susu diet, hari kelima dan keenam boleh mengonsumsi nasi dan memperbanyak air putih (15 gelas per hari). Lalu, pada hari ketujuh memakan nasi dengan sayuran dan jus favorit.

Berat badan ideal sebenarnya cukup turun 5-10 persen dari berat badan awal selama enam bulan sampai satu tahun. Diet sekian lama itu untuk memperbaiki profil kesehatan secara umum dan menurunkan risiko berbagai penyakit.

Penurunan berat badan yang sehat, pada bulan pertama adalah 4 kg, bulan kedua 3 kg, dan bulan seterusnya cukup dua kg. Selain itu, diet juga harus diimbangi dengan aktivitas fisik agar pembakaran lemak di dalam tubuh tetap terjadi dan tidak kembali menumpuk di dalam tubuh.

Diet GM masih mengonsumsi makanan padat, sedangkan diet liquid hanya makan makanan cair tanpa asupan makanan padat.

Diet liquid tidak dianjurkan karena bisa memberikan efek negative pada tubuh, walaupun makanan yang dikonsumsi sayuran dan buah dalam bentuh liquid.

Apabila seseorang hanya mengonsumsi liquid sehari-hari, tanpa mengombinasi dengan makanan padat, bisa mengalami kekurangan gizi hingga akhirnya rentan terserang penyakit. Jika sedang melakukan penurunan berat badan, para pelaku diet hanya perlu mengurangi porsi makan dan mengganti sayuran atau buah dalam makanan utama antara siang atau malam.

Republika 2 Maret 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s