Tangani Flu dan Batuk Berkepanjangan

Posted: March 24, 2016 in Kesehatan
Tags:

Tangani Flu dan Batuk Berkepanjangan

Flu dan batuk pada anak bisa merupakan gejala awal munculnya penyakit campak.

Belakangan ini semakin marak berbagai penyakit baru bermunculan yang membuat masyarakat memperketat menjaga kesehatannya. Dari golongan masyarakat, anak-anaklah yang paling rentan terkena penyakit tersebut, terutama akibat penyakit menular dan infeksi virus, bakteri, dan sejenisnya.

Anak-anak mudah terinfeksi karena sistem imun anak belum sekuat orang dewasa pada umumnya. Apalagi, jika didukung dengan lingkungan sekitarnya yang kurang bersih dan sehat, kesehatan mereka terancam penyakit. Bahkan, tak jarang anak menjadi sulit sembuh dan penyakitnya menjalar hingga ke bagian tubuh lain.

Jika anak hanya mengalami flu dan batuk tanpa gejala lain yang mencurigakan, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Namun, orang tua harus tetap waspada apabila flu dan batuk pada anak tidak kunjung sembuh lebih dari 14 hari.

Flu dan batuk yang menyerang anak-anak sendiri biasanya akan sembuh sekitar tujuh sampai 14 hari. Tetapi, kesembuhan masing-masing anak berbeda, bergantung pada daya tahan tubuh sang anak itu sendiri.

Untuk info kain tapis terlengkap, silahkan kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Gejala flu dan batuk yang disertai demam ini juga bisa menyerang orang dewasa. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan penyakit yang diderita dan ketepatan pengobatannya.

Selain adanya gangguan pernapasan, flu dan batuk pada anak bisa jadi merupakan gejala awal munculnya penyakit campak. Untuk itu, ada baiknya jika anak yang sudah mengalami flu dan batuk yang tidak kunjung sembuh untuk diperiksa secara terperinci oleh dokter.

Batuk pilek berkepanjangan jika didiamkan akan menyebabkan anak terserang pneuomonia atau peradangan pada paru. Anak akan kesulitan bernapas.

Batuk pilek pada anak sebenarnya ada vaksinnya apabila anak positif terinfeksi suatu virus. Tetapi, tidak banyak kasusnya. Vaksinasi flu dan batuk ini boleh dilakukan kapan saja, kecuali jika anak sedang demam. Jika menghadapi hal demikian, dihimbau orang tua agar tidak panic dan membawanya ke dokter serta memberikan makanan bergizi dan asupan cairan yang cukup.

Ini penting dilakukan guna meningkatkan sistem imun anak sehingga penyakit mereka segera sembuh. Kita tidak boleh menyepelekan flu dan batuk pada anak, terlebih jika disertai demam. Untuk pertolongan pertama, orang tua dapat memberikan obat penurun panas yang mengandung parasetamol.

Republika 16 Maret 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s