Daun Pepaya Jepang dan Gedi

Posted: March 30, 2016 in Kuliner
Tags:

Daun Pepaya Jepang dan Gedi

Daun yang sedang ngetren di tukang sayur, sering disamakan, dan mengandung manfaat yang tinggi.

Bentuknya mirip daun pepaya dalam skala lebih kecil. Daun yang mulai dijual sejak dua bulan ini menjadi sayur yang banyak dicari.

Ukuran daun pepaya jepang lebih kecil dan warnanya yang hijau tua daripada daun gedi. Bila direbus, kurang berlendir dan teksturnya tak selembut daun gedi. Saat berbicara soal rasa, keduanya sama-sama memberikan rasa sedikit manis dan sama-sama berserat. Namun, semua sepakat menyebut manfaat tinggi seperti yang dimiliki daun gedi.

Masyarakat Sulawesi, terutama Sulawesi Utara, sudah sejak dulu mengolah daun gedi menjadi masakan.

Daun gedi memang boleh dibilang menjadi ciri khas dari Sulawesi Utara. Namanya sendiri berasa dari bahasa minahasa yang merujuk pada bentuk cairan yang dihasilkan daun gedi ketika dimasak. Ketika daun dimasak, air pada masakan menjadi sedikit kental. Dalam bahasa Manado, tekstur sedikit kental itu disebut gedi-gedi. Dan jadilah daun itu dinamakan daun gedi.

Info lengkap kain tenun tapis lampung, kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Kaya manfaat

Daun gedi dapat ditemukan dalam dua warna dan dua bentuk. Biasanya, daun yang sering dikonsumsi oleh masyarakat adalah daun gedi berwarna hijau dengan bentuk daun dengan lekuk-lekuk yang agak berbeda. Daun gedi hijau ada yang berbentuk lebar da nada juga yang sedikit langsing. Daun gedi berbentuk lebar biasanya tidak memiliki sisi-sisi lain sedangkan jika yang memiliki ukuran lebih langsing, pada jari-jari daunnya ada cabang lainnya.

Jika dilihat dari warna, daun gedi juga ada yang berwarna merah. Daun gedi merah ini biasanya bukan untuk dimasak seperti daun gedi hijau. Jenis ini biasanya dijadikan obat. Disamping itu, daun gedi merah memiliki rasa seperti jamu yang agak kepahit-pahitan sehingga tidak begitu digemari untuk diolah sebagai masakan rumah.

Awalnya, daun gedi tumbuh subur di daerah daratan yang cukup dingin, seperti di dekat pegunungan. Saat ini, banyak juga yang tumbuh di pekarangan rumah orang-orang Sulawesi Utara.

Daun gedi kaya manfaat. Ia mengandung vitamin A, zat besi, serat, dan kolagen yang kaya. Karena itu, baik untuk saluran pencernaan, antioksidan, menyerap kolesterol dan lemak, daun gedi juga baik untuk merawat kesehatan kulit serta melancarkan peredaran darah.

Beragam olahan

Daun gedi selaiknya sayuran dapat diolah dengan berbagai cara. Umumnya, orang lebih mengenal daun gedi sebagai pelengkap dari bubur manado. Pada hidangan populer itu, daun gedi berfungsi sebagai pemberi rasa guri sekaligus pengental. Namun daun gedi bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti sayuran pada umumnya.

Republika 20 Maret 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s