Kerusakan Gen Meningkatkan Risiko Gangguan Kejiwaan

Posted: March 30, 2016 in Kesehatan
Tags:

Kerusakan Gen Meningkatkan Risiko Gangguan Kejiwaan

Sampai saat ini para pakar psikiatri belum mendapatkan bukti nyata faktor penyebab munculnya gangguan kejiwaan atau skizofrenia pada seseorang. Namun, belakangan ini sejumlah peneliti menemukan bukti yang meyakinkan bahwa kemunculan gangguan kejiwaan terkait erat dengan kerusakan salah satu gen dalam sistem saraf manusia.

Perubahan dan kerusakan gen SETD1A secara drastic dapat meningkatkan risiko muncul dan berkembangnya skizofrenia. Kerusakan gen itu sangat jarang terjadi, namun peneliti menemukan, kerusakan gen SETD1A juga meningkatkan risiko gangguan perkembangan saraf.

Mutasi yang mengubah fungsi SETD1A yang biasanya tidak pernah ditemukan dalam kasus umu, tapi justru berpengaruh pada satu dalam seribu pasien skizofrenia.

Info lengkap kain tenun tapis lampung, kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Skizofrenia adalah penyakit psikis parah yang dialami oleh satu dari seratus orang di dunia. Gejala-gejalanya termasuk gangguan pada cara berpikir, bahasa, dan persepsi. Pasien juga menderita gangguan jiwa, seperti mendengar suara-suara atau delusi.

Sampai saat ini, penyebab pasti skizofrenia masih belum diketahui. Selama ini, peneliti menduga penyebabnya adalah kombinasi faktor fisik, genetic, psikologis, dan lingkungan yang dapat membuat seseorang terkena gangguan jiwa.

Gangguan jiwa merupakan penyakit kompleks yang melibatkan gen dan sangat sulit untuk menemukan bukti yang menyakinkan dari pentingnya peran satu gen.

Pemahaman selama ini yang minim tentang penyebab skizofrenia menghambat upaya pengembangan terapi baru. Obat-obatan yang ada saat ini hanya efektif mengurangi beberapa gejalanya, tapi dapat menimbulkan efek samping yang mengganggu dan tidak efektif dalam kasus-kasus tertentu.

Penemuan tentang kerusakan gen SETD1A, meski hal ini menjelaskan sebagian kecil misterinya, bisa mengarah pada terapi dan pengobatan terbaru untuk sejumlah besar kasus skizofrenia.

Republika 21 Maret 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s