Kuman Pylori Si Biang Penyakit Maag

Posted: March 30, 2016 in Kesehatan
Tags:

Kuman Pylori Si Biang Penyakit Maag

Hampir 50 persen masyarakat di dunia terinfeksi kuman pylori.

Ketika seseorang mengalami stress, berbagai macam penyakit mudah menyerang, salah satunya adalah sakit maag. Hingga saat ini belum banyak yang mengetahui bahwa selain stress, sakit maag juga diakibatkan oleh kuman Helicobacter pylori.

Kuman ini ditemukan oleh Barry J Marshall yang merupakan dokter sekaligus peraih hadiah nobel kedokteran. Ia mengungkapkan Helicobacter pylori dapat melukai dinding lambung hingga memicu kanker.

Sebenarnya kuman ini masih belum jelas keterkaitannya dengan infeksi. Penelitian terkait hal ini juga masih terus berkembang, namun kuman pylori terbukti dapat menyebabkan penyakit lambung dan melukai dinding lambung.

Keterkaitan kuman dan penyebab maag juga belum tentu ada hubungannya dengan suku, ras, sosio-ekonomi atau bangsa. Akan tetapi, Marshall mengungkapkan, secara umum, hampir 50 persen masyarakat dunia sudah terinfeksi kuman pylori. Kebanyakan juga ditemukan pada bangsa Asia dibandingkan bangsa barat.

Info lengkap kain tenun tapis lampung, kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Angka kejadian infeksi pylori di Indonesia saat ini masih termasuk rendah dibanding negara Asia lainnya. Jadi, bisa dikatakan penderita gangguan lambung di Indonesia tidak terlalu mengkhawatirkan, namun tetap patut diwaspadai.

Secara umum memang belum bisa dibedakan antara sakit maag karena stress, salah makan, atau salah obat, dengan infeksi kuman ini. Namun, jika maagnya tak kunjung sembuh, dokter bisa melakukan diagnosis dan pemeriksaan lain untuk mengetahuinya.

Terkait bakteri penyebab gangguan lambung belakangan ini juga dibuktikan melalui beberapa penelitian.

Cara mendiagnosis penyakit maag yang benar, adalah dengan metode pemeriksaan lengkap, yakni biopsy atau pengambilan jaringan di lambung untuk melihat keberadaan kuman. Apabila hasilnya positif, biasanya pasien akan diberi dua antibiotic dan obat antiasam lambung. Pengobatan pun umumnya diberikan lima sampai tujuh hari. Namun, untuk membandingkan pengobatan sekarang, diberikan sampai 10 hari.

Untuk mencegah sakit maag, pla makan yang sehat dan teratur, serta kebersihan makanan harus dijaga. Hindari makanan yang memicu naiknya asam lambung, seperti pedas, asam, makanan berlemak tinggi, serta minuman yang mengandung kafein, seperti kopi.

Jaga pola makan tiga kali sehari, diselingi dengan camilan agar perut tidak kosong. Perbanyak minum air putih dan jaga pola emosi agar tidak stress.

Republika 21 Maret 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s