Lubang Tak Kasat Mata Pada Gigi

Posted: March 30, 2016 in Kesehatan
Tags:

Lubang Tak Kasat Mata Pada Gigi

Masyarakat sering mengeluhkan rasa ngilu pada gigi, terutama ketika mengonsumsi makanan panas, dingin, asam atau makanan yang terlalu manis. Hal ini ternyata bisa diakibatkan oleh menyikat gigi yang terlalu keras sehingga mengakibatkan abrasi dan lubang yang tak kasat mata.

Dalam keadaan ini gigi kita kerap disebut sebagai gigi sensitive. Keadaan gigi sensitive ini merupakan akibat dari kelainan lokal pada gigi yang bisa disebabkan oleh lubang serta abrasi pada gigi.

Kebanyakan orang mungikin tidak menyadari lubang yang ada pada giginya. Mereka baru sadar ketika terjadi rasa ngilu akibat timbulnya karies pada gigi.

Kalau ngilu akibat abrasi gigi biasanya menyebabkan hilangnya lapisan email gigi. Biasanya, akibat trauma atau akibat gosok gigi terlalu keras.

Info lengkap kain tenun tapis lampung, kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Faktanya, banyak masyarakat masih mempraktikkan hal ini. Padahal, menyikat gigi tidak perlu terlalu keras karena justru akan merusak gigi dan menyebabkan abrasi hingga lapisan email gigi perlahan menghilang.

Jika lapisan email gigi sudah menghilang maka gigi sudah tidak ada perlindungan lagi. Sehingga, gigi menjadi mudah berlubang dan menyebabkan ngilu, hingga gigi sensitive.

Sedini mungkin kita harus memperhatikan kebersihan gigi. Salah satu caranya dengan pandai memilih pasta gigi dengan komposisi yang bagus. Dengan begitu, pembersihan gigi dapat optimal dan bisa melindungi gigi dari berbagai masalah.

Pasta gigi harus mengandung fluoride guna memperbaiki lubang yang tak kasat mata. Walau begitu, tetap saja yang terpenting adalah harus rajin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter.

Republika 22 Maret 2016

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s