Mewujudkan Mimpi Teknologi 5G

Posted: March 30, 2016 in Sains
Tags:

Mewujudkan Mimpi Teknologi

Kecepatan 5G diprediksi sekitar 800 Gbps atau seratus kali lebih cepat dari sebelumnya.

Saat ini kehebatan 4G LTE mulai dirasakan diberbagai belahan duni. Namun, teknologi telekomunikasi berkembang ibarat aliran air. Tanpa jeda, tanpa henti.

Arusnya pasti akan mengalir cukup deras dan terus menciptakan inovasi terkini. Salah satunya, jaringan 5G yang kini tengah dipersiapkan dunia.

Sebutan 5G merupakan istilah dari generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler. Performanya tentu melebihi standar 4G LTE yang kini tengah ada.

Rencananya, dunia akan mengumumkan 5G pada 2020 mendatang. Teknologi 5G merupakan jaringan data akses dengan kecepatan lebih tinggi daripada yang ada saat ini.

Info lengkap kain tenun tapis lampung, kunjungi www.rumahtapis.blogspot.com

Data akan terkirim melalui gelombang radio sehingga akan terbagi ke dalam beberapa frekuensi berbeda. Tiap frekuensi tersebut akan digunakan pada tipe komunikasi berbeda. Mulai dari mobile data, siaran televisi, hingga sinyal navigasi maritime.

Jepang sudah mengumumkan bahwa negaranya siap menggunakan 5G sekitar lima tahun mendatang.

Berdasar data dari Ericson, pada masa mendatang, diprediksi akan ada sekitar 50 miliar perangkat yang saling terkoneksi di seluruh dunia. Teknologi 5G menjadi salah satu kekuatan dalam menunjang koneksi dari banyaknya perangkat tersebut.

Melebihi pencapaian vendor lain, Ericson sudah mempersiapkan infrastruktur dengan menjalin kerjasama dengan 20 operator utama di seluruh dunia dalam pengembangan 5G. Teknologi 5G menghasilkan kecepatan hingga 5Gbps pada jaringan frekuensi 15GHz.

Penyediaan konsep-konsep 5G dalam meningkatkan jaringan 4G yang ada saat ini juga gencar dilakukan.

Keunggulan 5G memang berbeda dari generasi jaringan yang ada saat ini. Teknologi 5G memiliki kecepatan data lebih dari 4G dan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya hanya mencapai satu mil per detik.

Kecepatannya diprediksi mampu mencapai 800 Gbps, atau seratus kali lebih cepat dari sebelumnya. Kecepatan tersebut tentu bisa mengunduh file dengan high definition hanya dalam hitungan detik. Sementara pada penerapan IoT, teknologi 5G mampu mengubah perangkat telepon menjadi remote control.

Sayangnya, belum ada kata sepakat mengenai standardisasi akses internet 5G di dunia. Standar tersebut baru akan digaungkan pada 2020 mendatang.

Transformasinya yang cukup cepat memang mendorong 5G untuk segera terealisasi. Salah satunya, terlihat di dunia kesehatan.

Republika 24 Maret 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s