Bahaya Prostat

Posted: May 10, 2016 in Kesehatan
Tags: ,

Pria Cenderung Abaikan Bahaya Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah satu jenis keganasan yang paling ditakuti para pria di dunia. Bahkan, sekitar 40 ribu pria di Inggris terdiagnosis menderita kanker prostat setiap tahunnya.

Hal ini menuntut para pria untuk selalu waspada terhadap tanda dan gejala kanker prostat. Kewaspadaan dituntut saat mereka kerap mengalami perubahan saat buang air kecil.

Prostat merupakan sebuah kelenjar kelamin yang hanya terdapat pada pria. Prostat berfungsi untuk memproduksi sperma dan mengeluarkan cairan atau enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat.

Namun disayangkan, kebanyakan pria cenderung lali dalam menanggapi bahaya kanker prostat. Ini sangat berbahaya karena prostat merupakan kanker yang paling dekat dengan pria.

Jika keganasan ini diabaikan, dikhawatirkan akan memengaruhi reproduksi pria tersebut. Contohnya adalah pada saat ejakulasi dan fungsi seksual lainnya pada pria. Untuk itu, apabila terdapat gangguan pada kandung kemih, sebaiknya harus segera dikonsultasikan ke dokter.

Kanker prostat umumnya banyak diderita oleh pria berusia 30 tahun ke atas. Faktor pencetus yang paling sering adalah akibat genetic dan infeksi pada saluran kemih.

Bagi pria yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker prostat sebaiknya patut memeriksakan diri ke dokter. Terutama, ketika memasuki usia 30 tahun ke atas. Hal ini tidak boleh diabaikan karena dapat membahayakan diri dikemudian hari.

Republika 26 April 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s