Cara Menjaga Kulit Sehat

Posted: May 10, 2016 in Kesehatan
Tags:

Kulit Sehat Dan Indah Berkat Vitamin C

Mengonsumsi vitamin c saja tidak cukup yang ingin berpenampilan menarik.

Vitamin C merupakan salah satu bahan yang bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh dan kulit. Untuk menunjang penampilan, memang dibutuhkan kedua hal itu, terutama untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Zat yang dikenal dengan nama kimia asam askorbat ini dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan kolagen, struktur organic pembangun kulit. Vitamin yang mengandung antioksidan ini banyak terkandung dalam buah kiwi, jeruk, lemon, dan stroberi. Vitamin C juga menghentikan pembentukan melanin berlebihan lewat aktivasi tirosinase.

Keunggulan vitamin C dibandingkan bahan aktif lain untuk kulit adalah kemampuannya bekerja di dua lini itu.

Asupan vitamin C bagi kulit bisa dilakukan lewat berbagai cara. Ada yang mengonsumsi langsung dari sumbernya yang alami, juga ada dari perawatan kulit. Hasil dari mengonsumsi sumber vitamin C alami memang tak bisa langsung terlihat jika dibandingkan dengan perawatan kulit. Untuk perawatan kulit, cara untuk mendapatkan efek lokal adalah penggunaan obat topical atau oles. Misalnya menggunakan serum, lotion, atau krim.

Untuk penampilan dan kesehatan tubuh, mengonsumsi vitamin C saja tidak cukup, terutama bagi mereka yang ingin berdaya tahan tubuh kuat dan penampilan menarik. Radikal bebas, polusi, usia, tingkat stress, dan padatnya aktivitas menjadi faktor yang dapat mengurangi daya tahan tubuh dan kesehatan kulit.

Vitamin C dengan dosis yang tepat berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, untuk menjaga kecantikan, konsumsi vitamin C harus diimbangi dengan zat lain, seperti kolagen.

Kolagen merupakan proten yang menjaga elastisitas kulit agar tidak keriput. Beberapa studi menyebutkan kolagen memerlukan vitamin C agar mudah diserap tubuh. Sumber kolagen alami adalah dari ikan, daging, susu, dan olahannya.

Namun, cara memasak yang salah bisa menghilangkan zat ini. Kolagen tambahan umumnya di dapat lewat injeksi atau produk oral. Namun, biasanya ada yang khawatir terjadi alergi.

Kebutuhan kolagen dan vitamin C setiap orang berbeda. Semakin banyak aktivitasnya, kebutuhannya pun semakin banyak. Selain itu, perlu menjauhi polusi, merokok, dan paparan sinar matahari. Selain itu, cukupkan tidur dan menerapkan pola hidup sehat.

Republika 20 April 2018

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s