Ciri Roti Sehat

Posted: May 10, 2016 in Kuliner
Tags:

Kenali Bahan Roti yang Sehat

Bahan utama pembuatan roti adalah tepung, ragi, garam, dan air. Adonan keempat bahan itulah yang membuat roti yang dipanggang enak untuk dikonsumsi sebagai salah satu sumber karbohidrat yang dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Namun, secara proporsi, kebutuhan karbohidrat sekitar 60 persen dari total kalori harian.

Tepung terigu merupakan karbohidrat sederhana dan roti gandum murni adalah karbohidrat kompleks.

Kebutuhan tubuh bukan hanya karbohidrat, melainkan perlu pelengkap seperti serat, vitamin, dan lain-lain. Karena itu, untuk mengonsumsi roti, diperlukan bahan tambahan lain yang mengandung protein hewani dan nabati, serat, vitamin, dan lainnya. Misalkan, sarapan roti yang diisi sayur, daging, omelet, atau dibuat roti lapis dengan filet daging atau ikan.

Roti saja sudah sehat karena difortifikasi. Namun, setiap kali makan harus lengkap gizinya, jadi harus dikombinasi.

Dalam pembuatan roti, boleh saja ditambahkan bahan lain yang sehat dan nutrisi lengkap. Contoh bahan lain adalah nori, walnut, keju, kismis, madu, tuna, daging asap, biji bunga matahari, daun bawang, dan wijen.

Nori atau rumput laut berupa lembaran dikenal tinggi yodium, kalsium, magnesium, zat besi, vitamin C dan A, protein, vitamin B, serat dan asam linoleat. Olahan rumput laut ini mengandung lebih banyak vitamin dari buah dan sayur.

Walnut adalah sejenis kacang sehat yang lezat. Kacang ini mengandung asam lemak omega 3 tinggi, vitamin A, B, dan C, serta kalsium.

Roti juga sering ditambahkan keju sebagai sumber kalsium, asam linoleat, vitamin B. Pemanisnya, madu yang dikenal baik untuk kesehatan sering dimasukkan ke dalam roti. Bahan manis lainnya adalah kismis yang manis dan kaya kandungan zat besi.

Ikan tuna yang dikenal mengandung omega 3 sering menjadi bahan isian roti. Selain itu, daging asap juga enak jika dinikmati dengan roti. Daging asap mengandung protein yang baik bagi perkembangan otak dan otot.

Republika 27 April 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s