Mencegah Penuaan Dini Pada Otak

Posted: May 10, 2016 in Kesehatan
Tags:

Mencegah Penuaan Dini Pada Otak

Meditasi merupakan langkah terapi yang baik untuk menenangkan pikiran. Meditasi juga disebut-sebut dapat membuat otak manusia tetap awet muda sekaligus dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Beberapa penelitian menyebutkan, kombinasi relaksasi dan konsentrasi dapat memicu pertumbuhan sel-sel otak baru. Sekaligus dapat mencegah penyusutan otak yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Belakangan, ilmuwan di Amerika Serikat melakukan penelitian dengan memeriksa 50 pria dan wanita yang sudah bermeditasi secara teratur dibandingkan dengan yang tidak melakukan meditasi. Penelitian tersebut dilakukan dengan cara menganalisis gambar otak seseorang dengan sebuah program computer.

Hasilnya, mereka yang bermeditasi cenderung memiliki otak yang sama dengan usianya. Sementara, mereka yang tidak melakukannya cenderung memiliki otak dengan usia yang relative lima tahun lebih tua dari usianya.

Meditasi bermanfaat untuk mencegah penuaan dini pada otak. Terutama bagi mereka yang mudah stress dan sulit mengontrol emosi. Setidaknya, meditasi dapat memperlambat penuaan pada otak manusia.

Pada umumnya, meditasi merupakan rangkaian dari pola hidup sehat, seperti meditasi saat melakukan senam yoga. Zat-zat kimia yang positif secara otomatis diproduksi oleh otak karena mendapatkan respon positif dari rangkaian meditasi.

Republika 28 April 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s