Menstimulasi Psikologis Anak

Posted: May 10, 2016 in Kejiwaan
Tags:

Menstimulasi Psikologis Anak

Anak merupakan sosok pribadi yang unik dengan sifat dan bakat yang berbeda-beda. Pada anak usia 7-12 tahun, berbagai keluhan kerap dialami orang tua, misalnya cara memahami keinginan anak. Karena itu, diperlukan pemahaman yang baik untuk mengungkap keinginan anak-anak saat beranjak remaja ini.

Perkembangan emosi anak usia ini cenderung labil. Sehingga, apabila keinginan mereka tidak terpenuhi, tak jarang mereka menjadi emosi.

Seperti halnya dalam pendidikan, mereka ingin les music, tapi orang tua tidak mengizinkannya. Kalau tidak dituruti, biasanya anak cenderung ngambek. Tentunya ini membuat orang tua bingung untuk menghadapinya.

Untuk mengatasi masalah ini, orang tua dituntut untuk lebih memahami keinginan anak sebagai bagian dari potensi diri. Caranya dengan melakukan pendekatan dan lebih sering mengajak anak berbicara agar mereka lebih terbuka mengungkapkan perasaannya.

Orang tua harus jeli melihat bakat anak, misalnya yang verbal linguistiknya baik, bisa diarahkan untuk menulis, membuat blog, mendongeng, dan lainnya. Selain itu, orang tua pun harus senantiasa mencontohkan sesuatu yang baik agar anak memiliki karakter emosi yang dapat di atur.

Pada usia 7-12 tahun, karakter superhero dari film bisa dijadikan contoh pembelajaran bagi mereka. Yang terpenting harus didampingi orang tua agar anak lebih terarah dalam mengatur emosi dan membentuk sikap.

Sifat anak yang merupakan bagian dari faktor psikologis dapat diubah sejak dini. Pada usia ini, berbagai, berbagai perubahan dapat dilakukan. Sehingga saat memasuki usia remaja, orang tua dapat mengendalikan emosi.

Psikologis anak bisa diubah dan ini merupakan bagian dari faktor internal. Anak dapat belajar dari keluarga, ibu, maupun guru di sekolah. Berbagai perubahan bisa didapat, mulai dari yang baik hingga yang buruk.

Untuk itu, bagi para orang tua, dihimbau agar mendidik anak dengan hal baik. Dengan begitu, kelak anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik, berprestasi, dan berguna bagi lingkungannya.

Republika 20 April 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s