Cara Mencegah Diabetes Lewat Makanan

Posted: June 1, 2016 in Kesehatan
Tags:

Cara Mencegah Diabetes Lewat Makanan

Menjaga pola makan seimbang diketahui merupakan cara terbaik guna mencegah diabetes. Pola makan seimbang dan diikuti dengan olahraga teratur dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga otomatis dapat mengurangi kelebihan berat badan.

Mengganti makanan yang mengandung banyak gula juga tak kalah penting untuk dilakukan. Selain itu, ada beberapa cara lain guna mengurangi kadar gula dalam darah dan berat badan pasien, di antaranya sebagai berikut:

Hindari makanan berkarbohidrat tinggi

Bagi pasien yang memiliki faktor genetic diabetes, perlu menghindari makanan berkarbohidrat tinggi sebagai salah satu cara mencegah penyakit tersebut. Contoh makanan yang perlu dihindari adalah gula, produk dari padi-padian, roti, pasta, dan sayur-sayuran yang mengandung zat tepung, seperti kentang.

Perbanyak konsumsi sayur

Bagi yang sudah positif menderita diabetes, sebaiknya disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran daripada buah. Soalnya, di dalam buah banyak mengandung zat gula yang dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Namun pada orang normal tidak perlu melakukan cara tersebut karena tubuh masih memerlukan asupan sayuran dan buah yang seimbang. Sayuran hijau merupakan jenis karbohidrat yang memberikan tingkat kenaikan gula darah dan hormone insulin yang paling rendah.

Tetap mengonsumsi protein hewani

Sangat penting bagi tubuh untuk mendapat asupan protein sebagai penyeimbang. Kita bisa mendapatkan sumber protein tersebut melalui hewani seperti ayam, ikan, daging segar, dan telur. Protein dapat menaikkan tingkat metabolisme, membangun dan memperbaiki otot, juga merangsang produksi glucagon, yakni hormone antiinsulin yang membantu tubuh membakar lemak di dalam tubuh.

Menjauhi lemak jahat

Sebagaimana karbohidrat, lemak pun ada jenis yang baik dan yang jahat untuk tubuh. Menghindari lemak tidak baik sama pentingnya dengan menghindari karbohidrat tinggi untuk mencegah diabetes dan melawan kelebihan berat badan. Lemak pemicu kelebihan berat badan dan risiko diabetes itu banyak ditemukan dalam makanan yang mengandung minyak terhidrogenasi. Contohnya makanan yang digoreng.

Perbanyak minum air putih

Ini merupakan langkah termudah guna mencegah diabetes. Air putih bermanfaat untuk membersihkan racun yang mengendap dalam tubuh yang didapat melalui makanan.

Republika 2 November 2015

Koleksi kain tenun tapis terlengkap di www.rumahtapis.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s