Bahaya Obesitas Pada Anak

Posted: September 29, 2016 in Anak
Tags:

Bahaya Obesitas Pada Anak

Indonesia merupakan negara dengan tingkat obesitas anak tertinggi di antara negara-negara ASEAN.

Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang optimal. Namun dalam pengembangannya, bagaimana jika anak mengalami kegemukan (obesitas)?

Tentunya, hal itu akan berpengaruh pada tumbuh kembang dan aktivitas anak. Obesitas pada masa kanak-kanak dapat menyebabkan dampak signifikan bagi kesehatan fisik, jiwa, dan sosial. Faktor asupan energi (baik dari karbohidrat maupun lemak), aktivitas fisik, gaya hidup, dan lingkungan memiliki peran penting dalam meningkatnya prevalensi obesitas di seluruh dunia.

Sementara itu, kecenderungan mengonsumsi minuman bergula atau berkalori semakin meningkat pada anak-anak. Padahal, minuman yang mengandung gula dapat memicu kegemukan.

Anak-anak saat ini gemar meminum minuman yang kaya kalori sehingga menyebabkan angka obesitas yang tinggi. Padahal, obesitas pada anak mengancam kesehatannya. Hal itu karena berpotensi membawa penyakit berbahaya lainnya seperti kardiovaskular (jantung).

Ia menerangkan, glukosa diperlukan untuk pembentukan sel-sel tubuh. Akan tetapi jika berlebihan, akan dapat menyebabkan kegemukan. Kelebihan gula atau kalori disimpan dalam bentuk lemak dalam tubuh dan lemak inilah kemudian yang menyebabkan obesitas.

Republika 2 Februari 2015

Koleksi kain tenun tapis terlengkap di www.rumahtapis.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s